Htc u ultra resmi meluncur ram 4 GB, selfie 16 MP, kaca safir …..

Pada sebuah acara HTC U yang diadakan pada 12 Januari 2017, HTC memperkenalkan dua smartphone terbarunya, U Play dan U Ultra, yang terlihat berbeda dengan smartphone HTC sebelum-sebelumnya. Mari kita perhatikan spesifikasi keduanya.

HTC-U-Play

HTC U Play

Mari kita perhatikan HTC U Play terlebih dahulu. Smartphone ini hadir dengan layar 5,2 inci beresolusi Full HD. Performanya ditunjang oleh chipset yang sudah cukup ketinggalan zaman untuk smartphone yang meluncur di tahun 2017 ini. Chipset yang dimaksud adalah MediaTek Helio P10 octa-core, yang juga menjadi jantung HTC Desire 10 Pro. Tersedia dua varian yang dapat kalian pilih: RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB. Keduanya didukung slot microSD card untuk menambah media penyimpanannya.

Untuk memotret foto, baik kamera utama maupun kamera depannya sama-sama beresolusi 16 MP dengan diafragma f/2.0. Namun, kamera utamanya lebih baik karena didukung OIS, PDAF, dan dua LED flash. Sistem operasi yang dijalankannya adalah Android 6.0 Marshmallow. Sayangnya, kapasitas baterainya hanya 2500 mAh dan tidak didukung teknologi fast charging, cukup kecil untuk smartphone kelas menengah saat ini.

HTC U Play Dan HTC U Ultra

HTC U Ultra

Smartphone yang kedua adalah HTC U Ultra. Spesifikasi yang dimilikinya jauh lebih baik dari saudaranya di atas. Pada bagian depan, kita dapat menjumpai dua layar: layar utama 5,7 inci beresolusi Quad HD + layar sekunder 2,05 inci beresolusi 160 x 1040 piksel. Hal ini tentunya mengingatkan kita pada LG V20. Chipset yang digunakannya adalah Snapdragon 821 quad-core 2,15 GHz dipadukan dengan RAM 4 GB. Tersedia dua pilihan memori internal, 64 GB dan 128 GB, yang masih dapat ditambah dengan microSD card.

Seperti HTC U Play, kamera depan dari HTC U Ultra juga beresolusi 16 MP dengan diafragma f/2.0. Di sisi lain, kamera utamanya beresolusi 12 MP dengan teknologi UltraPixel 2, diafragma f/1.8, PDAF, dan dua LED flash. Meskipun resolusinya lebih rendah, namun diafragmanya lebih besar dari kamera utama saudaranya, membuatnya bekerja lebih efektif di tempat yang redup. Sistem operasi yang dijalankannya lebih baru, yaitu Android 7.0 Nougat. Sebagai sumber energinya adalah baterai 3000 mAh yang didukung Quick Charge 3.0.

Informasi tambahan

Baik HTC U Play maupun U Ultra hadir dengan bingkai logam yang diapit oleh Gorilla Glass yang melindungi sisi depan dan belakang. Menariknya, varian ROM 128 GB dari HTC U Ultra dibekali kaca safir pada sisi depan dan belakang. Di sebelah bawah layar dari keduanya, terdapat tombol home fisik yang ditanamkan pemindai sidik jari. Lebih lanjut, keduanya tidak memiliki audio jack 3,5 mm yang digantikan oleh USB Type C. Sebagai solusinya, disediakan earphone HTC USonic. HTC juga melengkapi keduanya dengan Sense Companion, mirip seperti Google Assistance dan Siri, yang dapat memberikan informasi melalui suara kepada penggunanya. Khusus untuk kalian yang gemar mendengar lagu serta merekam video atau suara, HTC U Ultra dibekali speaker BoomSound dan empat microphone. Suara terekam dengan jelas dari segala arah serta suara yang dihasilkan tentunya sangat berkualitas.

HTC-U-Ultra

HTC U Play dan U Ultra – Harga dan ketersediaan

Harga HTC U Play dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB berkisar $440 (Rp 5,9 juta), sedangkan harga varian satu lagi masih belum diketahui. Namun, kami merasa harga tersebut cukup mahal untuk sebuah smartphone dengan chipset yang tidak terlalu baru. Kalian setuju? Di sisi lain, harga HTC U Ultra varian ROM 64 GB berkisar $750 (Rp 10,1 juta). Sementara itu, karena varian ROM 128 GB dilapisi kaca safir, harganya jauh lebih mahal, berkisar $910 (Rp 12,3 juta). WOW!! Menurut kalian, apakah kedua smartphone ini dapat membantu HTC untuk bersaing dengan para kompetitornya?