Hasil pengujian Antutu: 10 Smartphone dengan Performa Terbaik pada Kuartal Pertama Tahun 2015

Pada akhir kuartal pertama 2015, Antutu mengeluarkan hasil pengujian performa dari 10 smartphone terbaik pada kuartal ini yang menjalankan sistem operasi Android.

Sumber data: Antutu 5.6.1 dan 5.6.2 yang mencakup 160 negara.

Keterangan statistic:

  1. Periode: Januari 2015 – Maret 2015
  2. Sumber: pusat data Antutu yang dikumpulkan dari nilai performa semua smartphone
  3. Metode penilaian: nilai rata-rata dari satu model smartphone dan 1 model chipset.

1

Samsung

Samsung Galaxy S6 tidak diragukan menempati urutan pertama smartphone dengan performa terbaik pada kuartal ini. Smartphone yang dibekali Exynos 7420 14 mm buatan Samsung tersebut mengumpulkan nilai lebih dari 6000. Exynos 7420 sanggup menghasiilkan performa yang luar biasa pada Samsung Galaxy S6.

Wualcomm

Satu-satunya pesaing Exynos 7420 datang dari Snapdragon 810 yang masih diisukan memiliki masalah overheating yang memberikan dampak pada performa smartphone yang menggunakan chipset tersebut. Hal ini yang menyebabkan HTC One M9 tidak menunjukkan nilai performa yang memuaskan. Qualcomm ke depan perlu memberikan perhatian utama pada performa dan temperature dari chipset buatannya. Pada hasil pengujian Antutu kali ini, hanya smartphone yang terlampir pada statistic berikut yang menjadi objek uji performa kali ini.

Samsung S5 (European) SM-G901 yang menggunakan Snapdragon 805 menempati peringkat keempat. Galaxy S5 dengan snapdragon 805 yang hanya dipasarkan di benua Eropa memiliki performa yang lebih baik dibandingkan Galaxy S5 yang menggunakan Snapdragon 810.

MTK

Meizu MX4 memberikan hasil yang cukup mengejutkan. Smartphone yang menjalankan MT6595 32-bit tersebut mempunyai nilai Antutu 49000 yang hamper sama dengan nilai dari Snapdragon 805. Kami memperkirakan MT6795 akan memberikan hasil yang lebih baik.

Smartphone pada peringkat 4 sampai 6 memberikan hasil uji performa yang hamper sama. Google Nexus 6 dan Samsung Galaxy Note 4 yang dibekali RAM 3 GB dan layar 2K mempunyai nilai yang hamper sama.

2

Motorola Droid Turbo XT1254 yang menggunakan varian Verizon masuk ke dalam peringkat 10 besaar untuk pertama kalinya.

Sedangkan, OnePlus menempati peringkat terbawah dari 10 smartphone tersebut. Hanya Meizu dan Oneplus yang mewakili smartphone asal produsen China dari daftar tersebut.

3

Antutu juga menganalisa kinerja dari chipset dan GPU dari semua smartphone tersebut. Kali ini, Qualcomm masih lebih unggul dari merek lainnya dengan menguasai 70% dari smartphone dari statistic tersebut. Smartphone Samsung memperlihatkan performa yang paling baik. MTK masih perlu mengembangkan performa GPU buatannya agar dapat bersaing dengan Qualcomm di kemudian hari.

Kami menantikan hasil uji performa smartphone pada kuartal terakhir tahun ini. Para pengguna smartphone tentu menuntut pengembangan teknologi smartphone dan aplikasi Antutu yang lebih baik. Sebagai aplikasi uji performa smartphone no. 1 di dunia, Antutu akan senantiasa memberikan laporan mengenai trend an pengembangan smartphone terkini dengan metode dan hasil pengujian Antutu sendiri.