Google Play Store Bermasalah: Cara Mengatasinya?

Ada suatu saat ketika Google Play Store mengalami masalah. Bila hal itu terjadi, jangan panik. Perhatikan beberapa tips di bawah ini yang akan membuat Google Play Store kembali seperti semula.

google play store not working

Google Play Store bermasalah – Lakukan reset

Hal pertama dan paling mudah dilakukan ketika Google Play Store mengalami masalah adalah mereset konektivitas smartphone kalian. Internet terkadang membuat Google Play Store berjalan tidak dengan semestinya. Reset menu Wi-Fi pada smartphone. Bila masih tidak membantu, coba aktifkan airplane mode dan kemudian menonaktifkannya kembali. Cara mudah ini cukup berhasil. Kalian juga dapat mereset router Wi-Fi atau hubungkan smartphone ke jaringan lainnya untuk mengetahui apakah masalah tersebut ada pada smartphone kalian.

Kedua, coba bersihkan cache Google Play Store. Bila masalah tidak terdapat pada konektivitas, masalah bisa saja terjadi pada memori. Cache adalah data berbagai situs yang pernah dikunjungi yang tersimpan pada smartphone yang akan membantu mengurangi penggunaan data internet dan mempercepat pemrosesan halaman yang sudah pernah dikunjungi. Cara menghapus cache adalah dengan masuk ke Settings > Apps > Google Play Store > Clear Cache.

google play store not working hihi

Cara ketiga yang mungkin akan membantu adalah menghapus semua data pada Google Play Store. Hal ini dilakukan bila penghapusan cache tidak membantu mengatasi masalah pada Google Play Store. Caranya juga sangat mudah, kalian masuk ke Settings > Apps > Google Play Store, lalu klik clear data bukan clear cache. Cara ini akan menghapus semua data pribadi kalian pada Google Play Store. Setelah itu, kalian perlu sign in kembali. Bila cara ini masih belum berhasil, menghapus Google Play Store adalah cara selanjutnya.

Google Play Store bermasalah – Masalah lebih kecil dari yang dibayangkan

Yang terakhir, periksa pengaturan tanggal dan waktu. Hal ini terlihat bodoh, namun terkadang tanggal dan waktu pada smartphone kalian tidak sama dengan server Google Play Store. Yang kalian perlu lakukan adalah atur waktu dan tanggal sesuai dengan yang terkini dan restart smartphone kalian.