Daya Tahan Baterai Sony Xperia XZ2 KALAHKAN Samsung Galaxy S9

Dalam artikel ini, kami akan membahas baterai dari dua smartphone terbaik Sony dan Samsung yang sama-sama meluncur di MWC 2018. Nah, apa yang menarik dari baterai semua smartphone tersebut? Mari kita cari tahu bersama.

Uji baterai Sony Xperia XZ2 dan Samsung Galaxy S9

Seperti kita ketahui, di MWC 2018, Sony meluncurkan Xperia XZ2 dan Xperia XZ2 Compact. Tiap smartphone memiliki baterai 3180 mAh dan 2870 mAh berturut-turut. Sementara itu, Samsung meluncurkan Galaxy S9+ dan Galaxy S9 yang masing-masing dibekali baterai 3500 mAh dan 3000 mAh. Nah, kapasitas baterai yang besar semakin dibutuhkan saat ini karena penggunaan smartphone yang semakin aktif. Banyak orang mengatakan Sony cukup pelit untuk membekali smartphone-nya dengan baterai besar. Banyak orang berpendapat baterai smartphone Sony juga lebih cepat habis.

Namun, pihak Phonearena berhasil mengubah persepsi tersebut. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, baterai Xperia XZ2 dan Xperia XZ2 Compact dapat bertahan hingga 8 jam 45 menit dan 9 jam 13 menit berturut-turut pada satu kali proses charging. Dibandingkan dengan Galaxy s9+ dan Galaxy S9, baterai kedua smartphone Samsung tersebut dapat bertahan hingga 8 jam 5 menit dan 7 jam 23 menit berturut-turut. Kemungkinan besar salah satu faktornya adalah terkait layar. Xperia XZ2 dan XZ2 Compact hadir dengan layar 5,7 inci dan 5 inci yang sama-sama beresolusi Full HD+. Di sisi lain, Galaxy S9+ dan S9 hadir dengan layar 6,2 inci dan 5,8 inci yang sama-sama beresolusi Quad HD+. Layar dengan ukuran lebih kecil dan resolusi lebih rendah tampaknya mengonsumsi lebih sedikit energi.

Bagaimaan dengan durasi pengisian ulang baterainya? Sangat disayangkan, hasilnya berbanding terbalik dengan daya tahannya. Xperia XZ2 memakan waktu 145 menit untuk mengisi ulang baterainya dari kosng hingga penuh. Sementara itu, Xperia XZ2 Compact membutuhkan 144 menit. Di sisi lain, untuk mengiisi ulang baterai Galaxy S9+ dan Galaxy S9 dari kosong hingga penuh, dibutuhkan waktu 105 menit dan 107 menit berturut-turut. Hal ini tampaknya cukup mengecewakan karena kedua smartphone Sony tersebut telah dibekali charger Quick Charge 3.0.

Baterai Sony Xperia XZ2

Sony perlu ciptakan charger yang lebih cepat

Hasil tes di atas setidaknya mengobati kekhawatiran kalian terkait baterai smartphone Sony yang akan lebih cepat habis karena kapasitasnya kurang besar. Di sisi lain, Sony tampaknya perlu berusaha lagi untuk membuat waktu pengisian ulang baterai smartphone-nya lebih cepat. Nah, bagaimana pendapat kalian mengenaik hasil tes di atas?