Casing Nokia 9 Terkuak: RAM 6 GB + Kamera Ganda 13 MP

Nokia 9 memang menjadi smartphone premium yang kabarnya akan diluncurkan tahun ini oleh HMD Global. Selain spesifikasinya, kini beredar bocoran wujud casing pelindung belakangnya yang menegaskan …….

Casing Nokia 9 Terkuak: RAM 6 GB + Kamera Ganda 13 MP

Kita pertama kali melihat desain tiga dimensi (3D) dari Nokia 9 di bulan April 2017. Sejak itu, berbagai bocoran wujudnya beserta spesifikasinya terus bermunculan hingga hari ini. Satu hal yang pasti, Nokia 9 diduga kuat menjadi smartphone paling premium dan berkelas yang akan diperkenalkan oleh HMD Global tahun ini. Nah, belum lama ini, beredar wujud casing transparan pelindung Nokia 9 yang tersedia dalam warna hitam, biru, dan cokelat di berbagai media. Hal ini semakin memperkuat bahwa Nokia 9 akan segera hadir dalam waktu dekat ini.

Lebih lanjut, kita dapat dengan jelas melihat lubang yang diperuntukkan untuk dua sensor kamera dengan susunan vertikal pada casing tersebut. Hal ini tentu memperkuat apa yang telah dirumorkan selama ini bahwa Nokia 9 akan hadir dengan kamera ganda. Mantap!! Berdasarkan rumor, kedua sensornya beresolusi 13 MP dan akan menggunakan lensa Carl Zeiss. Ya, Nokia baru saja menandatangani kerja sama dengan Zeiss di awal bulan ini. Casing tersebut juga menunjukkan tombol power dan pengatur volume suara pada sisi kanan, audio jack di sisi atas, serta USB Type C, lubang speaker, lubang charging, serta microphone di sisi bawah.

Casing Nokia 9 Terkuak

Spesifikasinya juga sempat terkuak di berbagai situs uji performa, termasuk AnTuTu. Nokia 9 kabarnya akan hadir dengan layar 5,3 inci beresolusi 1440 x 2560 piksel (Quad HD). Performanya ditunjang oleh chipset Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz yang dipadukan dengan RAM 6 GB atau bahkan 8 GB. Ya, Nokia dilaporkan telah menghapus varian RAM 4 GB dan berfokus pada varian dengan RAM yang lebih besar. Untuk berfoto selfie, terdapat kamera 13 MP di sebelah atas layarnya. Spesifikasi lainnya meliputi memori internal 64 GB, pemindai sidik jari, sertifikasi IP68, serta Android 7 Nougat atau Android O.

Nokia 9 – Pengancam berbagai smartphone premium

Dengan berbagai spesifikasi di atas, tampaknya Nokia 9 siap untuk bertarung di segmen smartphone papan atas. Dengan chipset Snapdragon 835 + RAM 6 GB + kamera ganda, smartphone ini tentunya menjadi penantang serius Xiaomi Mi 6, Huawei P10 Plus, serta Samsung Galaxy Note 8 yang rencananya lahir di bulan Agustus. Harga Nokia 9 dirumorkan berkisar $699 (Rp 9,5 juta).