BlackBerry Argon vs Sony Xperia XZ: Smartphone Dengan Snapdragon 820

Nama BlackBerry Argon mungkin masih baru untuk kalian. Namun, tampaknya nama tersebut adalah nama lain untuk BlackBerry DTEK60 yang rumornya beredar luas akhir-akhir ini. Nah, mari kita bandingkan smartphone BlackBerry ini dengan Sony Xperia XZ yang sudah meluncur pada awal September ini.

BlackBerry-DTEK60-leak

BlackBerry Argon vs Sony Xperia XZ – Perbandingan spesifikasi

Pada tahap pertama dari perbandingan BlackBerry Argon vs Sony Xperia XZ, mari kita perhatikan performa keduanya. BlackBerry Argon atau DTEK60 kabarnya akan diperkuat chipset Snapdragon 820 yang dipadukan dengan RAM 4 GB. Sementara itu, Sony Xperia XZ juga hadir dengan chipset Snapdragon 820, namun dipadukan dengan RAM lebih kecil yang berkapasitas 3 GB. Jadi, pada tahap ini, tampaknya smartphone BlackBerry ini menawarkan performa yang lebih baik.

Selanjutnya, mari kita bandingkan kameranya. Menurut rumor, BlackBerry Argon akan dibekali kamera 21 MP pada bagian belakang dan kamera depan 8 MP untuk berfoto selfie. Di sisi lain, Sony Xperia XZ hadir dengan kombinasi kamera yang luar biasa, kamera utama 23 MP + kamera depan 13 MP. Teknologi yang mendukung kamera pada smartphone BlackBerry tersebut masih belum diketahui, namun sudah diumumkan bahwa kamera utama Sony Xperia XZ didukung Predicted Hybrid AF, triple image sensing technology, dan SteadyShot mode.

Sony-Xperia-XZ-1-768x644

Lebih lanjut, pada pertarungan BlackBerry Argon vs Sony Xperia XZ, mari kita perhatikan layar, memori internal, dan baterai dari kedua smartphone tersebut. Sony Xperia XZ menawarkan layar 5,2 inci Full HD, memori internal 32 GB atau 64 GB + microSD card hingga 256 GB, serta baterai 2900 mAh. Di lain pihak, BlackBerry Argon kemungkinan besar akan hadir dengan layar 5,5 inci Quad HD, memori internal 32 GB (didukung slot microSD card), dan baterai 3000 mAh. Yang terakhir, kedua smartphone ini sama-sama dilengkapi pemindai sidik jari. Pada Sony Xperia XZ, fitur tersebut ditanamkan pada tombol power, sedangkan pada BlackBerry Argon diletakkan di sebelah bawah kamera utamanya. Bila benar, smartphone ini akan menjadi yang pertama dari BlackBerry yang memiliki pemindai sidik jari.

BlackBerry Argon vs Sony Xperia XZ – Pertarungan belum berakhir

Bila kita perhatikan perbandingan spesifikasi di atas, tampaknya BlackBerry Argon memenangkan pertarungan ini karena memilikki performa lebih baik serta layar lebih tajam. Terkait harganya, BlackBerry Argon diprediksi sekitar $530 atau Rp 7 juta, sedangkan Sony Xperia XZ sudah dapat dipesan sekitar $780 atau Rp 10,8 juta.