Berbagai Jenis Layar Smartphone Yang Perlu Kalian Ketahui

Berbagai smartphone yang hadir saat ini memiliki jenis layar yang berbeda-beda. Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai jenis layar smartphone yang perlu kalian ketahui.

smartphone display types

Jenis layar smartphone – LCD

Ada banyak jenis layar smartphone. Mari kita mulai dari LCD atau Liquid Crystal Display. Layar ini terdiri dari kristal cair yang disinari oleh lampu latar (backlight). Layar ini lebih hemat energi, dapat menampilkan gambar lebih jelas di bawah sinar matahari, memiliki tingkat kecerahan lebih baik, dan lebih tahan lama, namun tingkat ketajamannya kurang baik.

Ada dua jenis layar LCD, yaitu TFT dan IPS. Layar TFT atau Thin Fill Transistor, versi pembaharuan dari layar LCD biasa. Layar TFT lebih hemat biaya produksi dan memiliki tingkat ketajaman yang lebih baik, namun membutuhkan energi yang lebih banyak serta memiliki sudut pandang dan tingkat warna yang kurang baik. Sementara itu, layar IPS atau In-Plane Switching menghabiskan biaya produksi yang lebih tinggi karena kualitasnya mengalami kemajuan dibandingkan layar TFT. Layar jenis ini memiliki sudut pandang dan warna yang lebih baik serta lebih hemat energi. Layar berjenis LCD lebih banyak digunakan karena harganya lebih murah.

smartphone display types

Jenis layar smartphone – AMOLED dan Super AMOLED

Kepanjangan dari AMOLED adalah Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Namanya terdengar rumit, namun yang perlu kalian ketahui adalah layar AMOLED merupakan jenis layar tipis lainnya yang ada saat ini. Layar AMOLED membutuhkan energi yang lebih sedikit ketika menampilkan warna terang, namun membutuhkan energi lebih banyak ketika menampilkan warna terang. Tingkat ketajamannya lebih baik dari layar LCD, namun tidak sejelas layar LCD ketika berada di bawah sinar matahari. Biaya produksi layar AMOLED juga lebih mahal, namun layar jenis ini lebih tipis dan fleksibel sehingga dapat ditekuk seperti pada smartphone yang memiliki layar dengan permukaan melengkung.

Layar Super AMOLED adalah layar AMOLED yang telah diperbaharui. Layar ini lebih jelas di bawah sinar matahari dan lebih hemat energi. Layar jenis ini pertama kali digunakan oleh Samsung dan dapat dijumpai pada berbagai smartphone Samsung saat ini. Tidak mengherankan bila smartphone Samsung sering dinobatkan sebagai smartphone dengan layar terbaik di dunia.

smartphone display types

Jenis layar smartphone – Retina

Yang ketiga adalah layar Retina. Keunggulan dari layar Retina adalah kepadatan piksel dalam satu piksel persegi yang sangat tinggi, sehingga mata manusia tidak dapat melihat piksel-piksel layar. Tidak peduli berapa besar ukuran maupun resolusi sebuah layar, bila layar tersebut memiliki tingkat densitas yang tinggi, maka tampilannya akan sangat jelas dan jernih. iPhone 4, yang menjadi iPhone pertama yang menggunakan layar Retina, memiliki layar 3,5 inci dengan resolusi cukup tinggi (960 x 640 piksel) dan tingkat densitas 330 ppi. Meskipun resolusinya tidak terlalu tinggi, namun dengan tingkat densitas yang tinggi, maka tampilan layar iPhone 4 terlihat sangat jelas dan terang.

smartphone display types

Jenis layar smartphone – Mana yang lebih baik?

Perlu diingat bahwa layar Super AMOLED tidak hanya terbatas pada smartphone Samsung, begitu pula layar Retina yang tidak hanya terbatas pada smartphone buatan Apple (meskipun kita lebih sering mendengar kedua produsen tersebut yang menggunakan istilah layar Super AMOLED dan Retina). Berbagai angka dan data teknis dapat digunakan untuk membandingkan kelebihan tiap jenis layar di atas, namun performa di kehidupan nyata jauh lebih penting. Kalian perlu mencoba sendiri berbagai jenis smartphone dengan jenis layar yang berbeda-beda untuk mengetahui perbedaannya dan kemudian memilih yang terbaik.

smartphone display types

Kalian baru saja mempelajari jenis-jenis layar smartphone. Menurut kalian, smartphone apa saja yang memiliki layar terbaik? Silahkan berbagi dengan kami.