Berapa Lama Usia Pakai Smartphone Anda?

Apakah Anda pernah merasa penasaran dengan usia pakai smartphone Anda? Dengan kata lain, berapa bulan atau tahun biasanya Anda menggunakan sebuah smartphone?

1

Jadi, kami menemukan sebuah laporan menarik terkait hal tersebut di Korea, sebuah negara di mana pasar smartphone berkembang dengan cepat. Kami mencatat sebagian besar konsumen di sana menggunakan smartphone mereka hanya dalam waktu 1 tahun dan 2 bulan dan setelah itu menggantinya dengan yang baru.

Korea Information Society Development Institute (KISDI) telah melakukan survei terhadap 10172 orang yang berusia lebih dari 6 tahun dan 9143 orang (92,4%) menyatakan bahwa mereka memiliki sebuah smartphone. Ketika para responden dibagi ke dalam beberapa kelompok berdasarkan usianya, ditemukan bahwa para remaja di Korea akan mengganti smartphonenya setiap 10 bulan. Ini merupakan periode waktu tersingkat untuk “usia pakai sebuah smartphone”. Orang-orang yang berada di antara usia remaja dan 40 tahun menggantinya dengan smartphone baru setelah 14 – 17 bulan. Mereka yang berusia 50 tahun ke atas menggunakan smartphonenya hingga 21 bulan, sedangkan mereka yang berusia 60 dan 70 tahun membeli smartphone baru setiap 29 bulan dan 34 bulan.

 

Pile of smart phones

Hasil penelitian berikutnya didasarkan pada merek smartphone. Pengguna smartphone buatan Apple akan mengganti smartphonenya setelah 15 bulan, sedangkan pengguna Samsung dan LG melakukannya setelah 14 bulan dan 13 bulan.

4

Apa pendapat Anda terkait hasil survei di atas? Terkadang kita berpikir bahwa banyak smartphone baru yang diluncurkan akhir-akhir ini mungkin disebabkan oleh permintaan para konsumen yang ingin mengganti smartphonenya. Siapa tahu? Kemungkinan juga karena banyak smartphone yang dibekali spek terbaik dan desain elegan yang tersedia saat ini dan orang-orang tidak dapat menahan diri untuk membelinya. Namun, periode 1 tahun dan 2 bulan untuk menggunakan sebuah smartphone termasuk sangat singkat karena smartphone sejenis dapat bertahan hingga lebih dari 2 tahun.

Bagaimana dengan Anda, Indonesia? Berapa lama Anda telah menggunakan smartphone Anda dan apakah Anda akan segera menggantinya?