Asus Zenfone AR vs ZTE Nubia Z17: Perang Smartphone RAM 8 GB

Asus Zenfone AR dan ZTE Nubia Z17 adalah dua smartphone pertama di dunia yang dibekali RAM 8 GB. Dengan RAM sebesar ini, performa multitasking keduanya tentunya sangat lancar. Namun, di antara keduanya, mana yang lebih unggul?

Asus Zenfone AR vs ZTE Nubia Z17 – Spesifikasi

Di antara keduanya, Asus Zenfone AR lahir terlebih dahulu di CES 2017 bulan Januari lalu. Sementara itu, ZTE Nubia Z17 baru saja meluncur awal Juni ini dalam dua varian RAM yaitu 6 GB dan 8 GB. Dalam perbandingan ini, kami hanya melibatkan varian RAM 8 GB. Nah, keduanya membawa berbagai spesifikasi terbaik kepada kita semua. Pertama, mari kita bahas layarnya. Zenfone AR memiliki layar Super AMOLED 5,7 inci beresolusi Quad HD, sedangkan Nubia Z17 hadir dengan layar IPS LCD 5,5 inci Full HD. Smartphone Asus tersebut tentu menampilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik.

Dalam hal performa, Zenfone AR ditunjang chipset Snapdragon 821 quad-core 2,35 GHz, sedangkan pesaingnya dibekali chipset Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz. Meskipun sama-sama dipadukan dengan RAM 8 GB, performa Nubia Z17 tentunya lebih tangguh berkat chipset yang lebih baru. Menariknya, keduanya menawarkan memori internal 128 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Keduanya juga menjalankan sistem operasi Android 7 Nougat namun dengan antarmuka yang berbeda: ZenUI 3.0 (Asus) vs NubiaUI 5.0 (ZTE). Selain itu, keduanya juga dilengkapi pemindai sidik jari yang terletak pada posisi berbeda: di sisi depan (Asus) vs di sisi belakang (ZTE).

Asus Zenfone AR vs ZTE Nubia Z17

Beralih ke sektor fotografi. Zenfone AR hadir dengan kamera utama 23 MP dengan sensor Sony IMX318 dan kamera depan 8 MP. Di sisi lain, ZTE Nubia Z17 hadir dengan kamera ganda (12 MP + 23 MP) pada sisi belakang serta kamera depan tunggal 16 MP. Sangat jelas bahwa kemampuan fotografi Nubia Z17 lebih unggul. Bagaimana dengan sumber energinya? Zenfone AR ditenagai baterai 3300 mAh, sedangkan kapasitas baterai Nubia Z17 adalah 3200 mAh. Nah, ada satu hal yang membuat Zenfone AR lebih fantastis. Smartphone ini adalah yang pertama di dunia yang mendukung teknologi Augmented Reality (AR) dan penggunaan kacamata Daydream dalam satu perangkat.

Asus Zenfone AR vs ZTE Nubia Z17 – Harga

Dalam perbandingan spek di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa Asus Zenfone AR lebih unggul dalam hal layar, baterai, serta menjadi smartphone pertama dengan teknologi AR dan kacamata Daydream dalam satu perangkat. Di sisi lain, ZTE Nubia Z17 lebih unggul dalam hal performa dan kemampuan fotografi. Nah, bagaimana dengan harganya? Asus Zenfone AR dapat dibeli dengan harga sekitar $821 atau Rp 11,1 juta. Sementara itu, harga ZTE Nubia Z17 ternyata lebih murah, sekitar $587 atau Rp 7,9 juta. Menurut kami, ZTE Nubia Z17 lebih layak untuk dibeli meskipun tanpa teknologi AR. Bagaimana pendapat kalian?