Asus Zenfone 5Q vs Sony Xperia XA2: RAM 4 GB, 23 MP vs Dual 20 MP, Android O

Asus Zenfone 5Q dan Sony Xperia XA2 adalah dua smartphone kelas menengah yang akan kami bandingkan dalam artikel ini. Menariknya, kedua smartphone ini memiliki beberapa persamaan. Nah, siapa yang lebih unggul? Mari kita cari tahu bersama.

Asus Zenfone 5Q vs Sony Xperia XA2 – Perbandingan spesifikasi

Asus Zenfone 5Q atau yang juga dikenal sebagai Asus Zenfone 5 Lite memulai debutnya pada bulan Februari lalu di MWC 2018. Di sisi lain, Sony Xperia XA2 lebih dahulu meluncur di CES 2018 bulan Januari. Nah, seperti kami sebutkan di atas, keduanya memiliki beberapa persamaan spesifikasi secara umum. Nah, mari kita bandingkan saja dimulai dari performa. Baik Asus Zenfone 5Q maupun Sony Xperia XA2 mengandalkan chipset yang sama yaitu Snapdragon 630 dengan prosesor grafik Adreno 508.

Terkait sistem keamanan, kedua smartphone ini memiliki pemindai sidik jari yang diletakkan di sisi belakang. Tak hanya itu, Asus Zenfone 5Q dan Sony Xperia XA2 juga sama-sama ditenagai baterai 3300 mAh. Sistem operasi yang dijalankannya juga sama yaitu Android Oreo. Setelah persamaan, mari kita lihat perbedaannya. Asus Zenfone 5Q mengusung layar 18 : 9. Layarnya berukuran 6 inci dengan resolusi 1080 x 2160 piksel (Full HD+). Di sisi lain, Sony Xperia XA2 masih setia dengan layar 16 : 9. Layarnya berukuran 5,2 inci dengan resolusi 1080 x 1960 piksel (Full HD).

Terkait fotografi, Asus Zenfone 5Q hadir dengan empat kamera dibandingkan dua kamera saja pada Sony Xperia XA2. Asus Zenfone 5Q dibekali dua kamera belakang (16 MP + 8 MP) dan dua kamera depan (20 MP + 8 MP). Kamera 8 MP pada sisi belakang maupun depannya memiliki jangkauan sudut yang lebar. Sementara itu, kamera belakang dan depan Sony Xperia XA2 beresolusi 23 MP dan 8 MP berturut-turut. Untuk multitasking, Asus Zenfone 5Q menawarkan RAM 4 GB, sedikit lebih besar dari RAM 3 GB pada pesaingnya. Tak hanya itu, kapasitas memori internal smartphone Asus ini 64 GB, dua kali lipat dari ROM 32 GB pada pesaingnya. Menariknya lagi, Asus Zenfone 5Q memiliki slot kartu microSD yang terpisah dari dua slot kartu SIM. Di sisi lain, pada Sony Xperia XA2, penggunaan SIM ke-2 dan kartu microSD harus bergantian.

Asus Zenfone 5Q vs Sony Xperia XA2 – Harga

Dari perbandingan di atas, terlihat bahwa Asus Zenfone 5Q lebih unggul dalam hal RAM dan ROM lebih besar, slot kartu microSD khusus, serta kamera depan 20 MP. Satu hal lagi, adanya 4 kamera tentu membuat smartphone ini unik. Di Amerika Serikat, Asus Zenfone 5Q dijual seharga $299 (Rp 4,2 juta). Di sisi lain, harga Sony Xperia XA2 di Amerika Serikat adalah $349 (Rp 5 juta). Meski lebih mahal, smartphone Sony ini lebih nyaman digenggam karena layarnya lebih kecil serta kamera belakang lebih impresif. Menurut kalian, siapa yang lebih unggul?