Asus Zenfone 3 Ultra vs Xiaomi Mi Max: Perang Phablet dari Dua Raksasa

Pada bulan Mei 2016, dua raksasa di pasar smartphone menghadirkan phablet andalan terbarunya. Asus meluncurkan Zenfone 3 Ultra, sedangkan Xiaomi memperkenalkan Mi Max. Di antara kedua phablet ini, mana yang lebih unggul. Untuk mengetahuinya, mari perhatikan ulasan kami berikut ini.

Xiaomi Mi Max 2

Asus Zenfone 3 Ultra vs Xiaomi Mi Max

Waktu peluncuran

Seperti yang kami sebutkan di atas, kedua phablet ini sama-sama meluncur pada bulan Mei 2016 namun pada tanggal yang berbeda. Xiaomi terlebih dahulu memperkenalkan Mi Max pada 10 Mei 2016. Sementara itu, Asus Zenfone 3 Ultra hadir 20 hari kemudian, tepatnya pada 30 Mei 2016.

Layar

Keduanya memiliki layar dengan bentang lebih dari 6 inci. Namun demikian, phablet Asus tersebut lebih besar berkat layar 6,8 inci, sedangkan Xiaomi Mi Max dibekali layar 6,44 inci. Perlu diketahui bahwa layar keduanya sama-sama beresolusi Full HD (1080 x 1920 piksel) dan dilindungi Gorilla Glass 4.

CPU, GPU, dan RAM

Asus Zenfone 3 Ultra dan Xiaomi Mi Max hadir dalam tiga varian. Seluruh tiga varian phablet Asus tersebut diperkuat chipset Snapdragon 652. Sementara itu, hanya dua varian tertinggi dari Xiaomi Mi Max yang juga diperkuat chipset Snapdragon 652, sedangkan varian terendahnya diperkuat chipset Snapdragon 650. Untuk prosesor grafik, semua varian dari phablet Asus dan Xiaomi didukung Adreno 510.

Bagaimana dengan RAM yang mendukung performa chipsetnya? Hanya varian tertinggi saja yang didukung RAM 4 GB, sedangkan dua varian yang lebih rendah didukung RAM 3 GB.

Kapasitas media penyimpanan

Baik phablet Asus maupun Xiaomi tersedia dalam tiga pilihan memori internal yaitu 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Ketiga varian masing-masing phablet tersebut juga dibekali slot microSD card. Hal ini tentu merupakan kabar yang baik karena kalian dapat menambah kapasitas memori internalnya dengan microSD card, sehingga kalian dapat menyimpan lebih banyak data pada smartphone kalian.

Kamera

Untuk fotografi, kamera yang dimiliki Asus Zenfone 3 Ultra jauh lebih tangguh dari Xiaomi Mi Max. Hal ini terjadi berkat kamera utama 23 MP dengan sensor Sony IMX318, laser autofocus, OIS, EIS, dan PDAF, serta kamera depan 8 MP untuk berfoto selfie. Di sisi lain, baik kamera utama maupun depan dari Xiaomi Mi Max beresolusi lebih rendah, 16 MP dan 5 MP.

Baterai

Bagaimana dengan sumber energinya? Phablet Asus tersebut dibekali baterai 4600 mAh, sedangkan Xiaomi Mi Max dengan baterai lebih besar berkapasitas 4850 mAh. Dengan demikian, kalian dapat menggunakan phablet Xiaomi tersebut dalam waktu yang sedikit lebih lama daripada phablet Asus.

Informasi tambahan

Asus Zenfone 3 Ultra memiliki pemindai sidik jari yang ditanamkan pada tombol home di sebelah bawah layarnya, sedangkan pemindai sidik jari pada Xiaomi Mi Max terletak di bagian belakangnya. Untuk tombol pengatur volume suara pada phablet Asus terletak di bagian belakang, sedangkan pada Xiaomi Mi Max terletak di sisi kanannya. Lebih lanjut, kedua phablet ini juga menjalankan Android 6.0 Marshmallow, namun dengan antarmuka yang berbeda: Asus Zenfone 3 Ultra dengan ZenUI 3.0, sedangkan Xiaomi Mi Max dengan MIUI 8.

Xiaomi Mi MaxHarga dan ketersediaan

Kedua phablet di atas tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Silver, Grey, dan Gold. Bila kalian tidak sabar ingin memiliki phablet baru, hanya tiga varian Xiaomi Mi Max yang tersedia saat ini dan dapat dipesan di China. Sementara itu, belum ada informasi kapan Asus Zenfone 3 Ultra akan mulai dijual kepada para konsumen.

Pada acara peluncurannya, Asus Zenfone 3 Ultra ditawarkan mulai dari $479 atau sekitar Rp 6,5 juta, sedangkan Xiaomi Mi Max ditawarkan mulai dari $230, $260, dan $300 (mulai dari varian terendah hingga tertinggi). Tidak mengherankan harga phablet Asus tersebut lebih mahal karena memiliki spesifikasi yang lebih baik. Nah, di antara kedua phablet di atas, mana yang kalian sukai, Asus Zenfone 3 Ultra atau Xiaomi Mi Max?