Asus Zenfone 3 Max vs Nokia 3: Perang smartphone murah Dengan RAM 2 GB

Asus Zenfone 3 Max vs Nokia 3, pertarungan smartphone RAM 2 GB dari Asus dan Nokia. Meskipun hanya memiliki RAM 2 GB, namun keduanya tidak boleh diremehkan. Di antara keduanya, siapa yang lebih unggul?

asus_1478668238872

Asus Zenfone 3 Max vs Nokia 3 – Perang smartphone RAM 2 GB

Asus Zenfone 3 Max terdiri dari beberapa seri. Nah, hanya seri ZC520TL yang dilibatkan dalam pertarungan ini. Selain itu, smartphone Asus ini juga tersedia dalam dua pilihan memori internal yaitu 16 GB dan 32 GB. Nah, hanya varian dengan ROM 16 GB yang kami pilih. Mari kita mulai pembahasan kita. Untuk media penyimpanan, sangat jelas bahwa kedua smartphone ini menawarkan memori internal 16 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Selain itu, performa keduanya juga seimbang karena baik Asus Zenfone 3 Max dan Nokia 3 diperkuat chipset MediaTek MT6737 quad-core 1,3 GHz dipadukan dengan RAM 2 GB.

Beralih ke bagian depan. Zenfone 3 Max memiliki layar 5,2 inci, sedangkan Nokia 3 berlayar 5 inci. Meskipun ukurannya berbeda, namun kedua layarnya beresolusi 720 x 1280 piksel (HD). Di sebelah bawah layarnya terdapat tiga tombol kapasitif. Sementara itu, untuk berfoto selfie, Zenfone 3 Max menawarkan kamera 5 MP. Di sisi lain, Nokia 3 menawarkan kamera 8 MP dengan diafragma f/2.0 dan autofocus. Dengan Nokia 3, hasil foto selfie kalian tentu terlihat lebih jelas.

Nokia-3_Beautyshot_Original

Sementara itu, kamera utama Zenfone 3 Max lebih unggul dari pesaingnya karena beresolusi lebih tinggi: 13 MP vs 8 MP. Tak hanya itu, smartphone Asus tersebut dibekali baterai berkapasitas 4100 mAh, jauh lebih besar dari baterai Nokia 3 yang berkapasitas 2650 mAh. Terkait sistem keamanan, Nokia 3 kembali harus mengakui keunggulan pesaingnya yang memiliki pemindai sidik jari yang terletak pada bagian belakangnya. Yang terakhir, sistem operasi yang dijalankan Nokia 3 lebih lebih baru yaitu Android 7.0 Nougat, sedangkan Zenfone 3 Max menjalankan ZenUI 3.0 berbasis Android 6.0 Marshmallow.

Asus Zenfone 3 Max vs Nokia 3 – Harga

Meskipun memiliki chipset, RAM, dan memori internal yang sama, namun Nokia 3 lebih unggul dalam hal kamera depan dan sistem operasi saja, sedangkan Zenfone 3 Max lebih unggul dalam hal kamera utama, pemindai sidik jari, dan baterai. Bagaimana dengan harganya? Di Indonesia, Asus Zenfone 3 Max ZC520TL dengan ROM 16 GB ditawarkan sekitar Rp 2,2 juta. Sementara itu Nokia 3 dijual sekitar $147 atau Rp 2 juta namun baru akan tersedia mulai kuartal kedua tahun ini di pasar global. Bila Nokia 3 sudah tersedia di Indonesia nanti, apakah kalian akan membelinya atau justru membeli Asus Zenfone 3 Max?