Asus Zenfone 3 Deluxe vs Samsung Galaxy C9 Pro: Perang Smartphone RAM 6 GB di Indonesia

Asus Zenfone 3 Deluxe vs Samsung Galaxy C9 Pro adalah dua smartphone RAM 6 GB pertama yang mendarat di Indonesia. Karena belum ada smartphone lain dengan RAM 6 GB, keduanya akan bersaing ketat untuk merebut minat konsumen. Namun, mana yang lebih baik?

asus-zenfone-3-deluxe-zs570kl-010

Asus Zenfone 3 Deluxe vs Samsung Galaxy C9 Pro – Spesifikasi

Layar

Zenfone 3 Deluxe hadir dengan layar 5,7 inci, sedangkan Galaxy C9 Pro hadir dengan layar 6 inci. Meskipun ukurannya berbeda, namun resolusinya sama yaitu Full HD.

Performa

Zenfone 3 Deluxe diperkuat chipset Snapdragon 820 quad-core 2,15 GHz, sedangkan pesaingnya dibekali chipset Snapdragon 653 octa-core 1,95 GHz. Seperti diketahui, kedua chipset tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB. Ya, meskipun dengan RAM yang sama, namun performa Zenfone 3 Deluxe tetap lebih baik karena chipset Snapdragon 820 ditujukan untuk smartphone papan atas dan memiliki performa lebih tangguh dari Snapdragon 653.

Media penyimpanan

Kedua smartphone ini sama-sama menawarkan memori internal 64 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Namun, perlu diketahui bahwa Zenfone 3 Deluxe juga tersedia dengan memori internal 256 GB.

Kamera

Kemampuan fotografi keduanya patut dipertimbangkan. Zenfone 3 Deluxe dilengkapi kamera utama 23 MP dengan sensor Sony IMX318 dan diafragma f/2.0) serta kamera depan 8 MP (f/2.0). Di sisi lain, Galaxy C9 Pro hadir dengan kamera utama dan depan yang sama-sama beresolusi 16 MP dan berdiafragma f/1.9.

Baterai

Baterai juga menjadi hal yang menarik. Meskipun memiliki performa lebih tangguh, Zenfone 3 Deluxe ditenagai baterai 3000 mAh saja, sedangkan Galaxy C9 Pro ditenagai baterai lebih besar dengan kapasitas 4000 mAh. Untuk penggunaan biasa, smartphone Samsung ini tentu dapat bertahan lebih lama dari pesaingnya.

Informasi tambahan

Kedua smartphone ini juga dibekali pemindai sidik jari tetapi terletak pada posisi berbeda: sebelah bawah kamera utama (Asus) vs sebelah bawah layar (Samsung). Selain itu, keduanya juga menjalankan Android 6.0 Marshmallow.

Samsung-Galaxy-C9-Pro-Dual-Speakers

Asus Zenfone 3 Deluxe vs Samsung Galaxy C9 Pro – Harga dan ketersediaan

Dari perbandingan spesifikasi di atas, Zenfone 3 Deluxe lebih unggul dalam hal performa dan kamera utama, sedangkan Galaxy C9 Pro lebih unggul dalam hal kamera depan dan baterai. Bila kalian berminat, kalian sudah dapat membeli keduanya di Indonesia. Namun, berapakah harganya? Zenfone 3 Deluxe berharga Rp 9,1 juta, sedangkan Galaxy C9 Pro lebih murah yaitu Rp 7 juta. Nah, mana yang menjadi pilihan kalian?

Samsung-Galaxy-C9-Pro-Gold