Asus Zenfone 2 Melawan Xiaomi Mi Note Ulasan: Mana yang Akan Dipilih?

Asus Zenfone 2 memang betul merupakan salah satu smartphone paling populer yang sedang beredar saat ini, terutama dengan RAM 4GB nya. Pada ulasan Asus Zenfone 2 kali ini kami akan membandingkan ponsel Asus Zenfone 2 5,5 inci melawan phablet Xiaomi Note 5,7 inci.

zenfone 2 vs mi note review 1

Kedua ponsel menawarkan spesifikasi tinggi pada rentang harga yang terjangkau, dan mereka diperkirakan akan mulai beredar di negara-negara pada quarter ke 2 (antara bulan April, Mei, atau Juni) di 2015. Bila Anda membandingkan versi Asus Zenfone 2 dengan RAM 4GB untuk kisaran harga 3,8 juta rupiah dengan Xiaomi Note untuk harga penawaran awal 4,7 juta rupiah, keduanya bisa jadi sama-sama menguntungkan, kok.

Desain

Mari kita mulai dengan desain. Asus Zenfone mempunyai tampilan layar yang lebih kecil yaitu 5,5 inci melawan 5,7 inci dari Xiaomi Note. Hal ini menjadikan Asus Zenfone 2 lebih terkesan padat dibandingkan dengan tinggi dan lebar dari phablet Xiaomi. Xiaomi Note tentu jauh lebih ramping dengan ketebalan 7mm, sedangkan untuk Zenfone 2 10,9mm. Keduanya sama-sama memiliki perbandingan layar hingga badan ponsel yang berkualitas baik dengan lebih dari 70%.

zenfone 2 vs mi note review 2

Dari sudut pandang murni secara visual, Xiaomi Note terlihat lebih unik, dengan gelas kaca 3D pada bagian belakang dan dengan desain bezel yang super tipis. Banyak dari Anda mungkin akan berpendapat bahwa sudah jelas desain Xiaomi ini merupakan inspirasi dari Apple. Sementara Asus Zenfone 2 lebih kepada desain yang tradisional, dengan kesan sapuan logam. Bilamana Anda menyukai desain Xiaomi Note yang indah atau malah lebih suka desain Asus Zenfone 2 yang cenderung sederhana, semua kembali lagi pada selera masing-masing.

zenfone 2 vs mi note review 3

Tampilan Asus Zenfone 2 Melawan Xiaomi Note

Asus Zenfone 2 didukung dengan tampilan Full HD 5,5 inci dengan resolusi 1920x1080p dan dilindungi dengan Gorilla Glas 3. Layar Zenfone 2 memiliki kedalaman piksel 403ppi yang mengesankan. Xiaomi Note mempunyai layar yang sedikit lebih besar yaitu tampilan Full HD dengan lebar 5,7 inci dan resolusi 1920x1080p. Adapun kedalaman piksel Xiaomi Note sedikit lebih buruk yaitu 386ppi.

zenfone 2 vs mi note review 4

Berbicara mengenai tampilan, pada akhirnya ini hanya masalah ukuran mana yang Anda lebih butuhkan. Untuk saya pribadi layar ponsel selebar 5,5 inci sudah sangat cukup, setidaknya ada kemungkinan bahwa saya bisa menggenggamnya dengan satu tangan.

zenfone 2 vs mi note review 5

Prosesor dan Penyimpanan

Asus mempunyai sejarah panjang dengan Intel CPU dan saat ini ia sedang menggunakan Intel 64-Bit Atom Silicon CPU untuk ponsel Zenfone 2. Intel Z3580 quadcore dapat beroperasi dengan kecepatan hingga 2.3GHz dan mampu mempunyai jaringan LTE. Intel Z3580 sebetulnya merupakan prosesor yang sangat mumpuni dan mampu berfungsi dengan baik bila dibandingkan dengan Snapdragon 805 Qualcomm yang bertenaga ataupun Exynos 7 Samsung yang terdapat di Samsung Galaxy Note 4.

zenfone 2 vs mi note review 6

Xiaomi Note dengan versi standarnya didukung oleh prosesor Qualcomm s Snapdragon 801, yang juga dapat kami temukan pada Xiaomi s Mi4 ataupun OnePlus One. Meskipun Snapdragon 801 tidak betul-betul menjadi sorotan utamanya mengingat sudah ada dua generasi terbaru yang hadir, namun Snapdragon 801 cukup tergolong mumpuni. Silahkan lihat pada hasil benchmark Antutu kedua ponsel berikut.

Salah satu kejutan terbesar dalam Ulasan Asus Zenfone 2 ini adalah diumumkannya RAM yang bermuatan 4GB. Dengan CPU intel Quad-Core dan RAM 4GB, Asus Zenfone 2 benar-benar merupakan tenaga kerja yang multitasking. Sebagai tambahan, Asus Zenfone 2 menyediakan untuk Anda tempat meletakkan kartu Micro SD, yang tidak dapat Anda dapatkan pada Xiaomi Note.

Dalam hal tenaga prosesor, meski Asus Zenfone 2 harganya kompetitif dengan Xiaomi Note, Zenfone 2 dengan RAM 4GB nya menampilkan pilihan yang lebih kuat.

Kamera Asus Zenfone 2 Melawan Xiaomi Note

Asus Zenfone 2 mempunyai kamera PixelMaster dengan kualitas 13MP dan 5 elemen dengan lubang lensa kamera selebar f2,0. Anda juga akan mendapatkan Dual LED Flash dari Philips dan kamera selfie berkualitas 5MP dengan sudut pandang lensa selebar 85 derajat. Sementara itu Xiaomi Note didukung oleh kamera 13MP dengan OIS dan kamera selfie dengan fitur stabilisasi dan kamera selfie dengan dua buah piksel besar2 m . Kamera selfie ini sama dengan kamera ultrapiksel yang dimiliki HTC.

Contoh Hasil Jepretan Kamera Xiaomi Note

Kami telah menyertakan beberapa contoh hasil gambar dari kedua ponsel untuk Anda, jadi Anda bisa menilainya sendiri. Kami sendiri dibuat takjub dengan hasil gambara yang dihasilkan kamera PixelMaster Asus Zenfone 2 pada saat situasi dengan tingkat cahaya rendah. Asus mengklaim bahwa kamera PixelMaster mengizinkan adanya 400% peningkatan terang cahaya lebih baik ketimbang kamera smartphone lainnya. Pada tingkat harga ini Anda akan mendapatkan kamera dengan hasil gambar yang sangat bagus dikedua ponsel tersebut.

Contoh Hasil Ulasan Kamera Asus Zenfone 2

Kesimpulan Asus Zenfone 2 Melawan Xiaomi Note:

Pada ulasan Asus Zenfone 2, kami membandingkan versi Zenfone 4GB dengan andalan Xiaomi Note. Dengan harga 3,8 juta rupiah untuk Zenfone dan untuk 4,7 jut arupiah untuk Mi Note, maka hal ini akan sedikit sulit untuk menentukan mana yang terbaik. Zenfone 2 hadir dengan Intel Quad Core dan RAM 4GB, menawarkan variasi multitasking sekaligus perluasan penyimpanan data melalui Micro SD. Bila Anda yang menyukai desain oke dengan layar yang sedikit lebar, yaitu 5,7 inci, maka pilihan terbaik Anda adalah Xiaomi Note.

zenfone 2 vs mi note review 7

Satu hal terakhir yang per diperhatikan adalah mengenai ketersediaan ponsel. Kedua ponsel sama-sama diperkirakan akan mendarat pada April 2015. Kami berharap Asus Zenfone 2 dapat tersedia seperti ponsel Zenfone lainnya, namun hal ini tidak berlaku untuk Xiaomi Note. Sejara umum ponsel Xiaomi dengan stok yang terbatas cukup sulit didapatkan sekalipun ada Xiaomi Flash Sales (penjualan Xiaomi dengan cepat melalui internet). Menimbang tentang hal ini maka mungkin Anda akan langsung lebih condong memilih Asus Zenfone 2.

 

Asus Zenfone 2 Indonesia luncur pada 21 April

Asus Zenfone 2 Melawan Galaxy Note 4: Ulasan Pertama

Perbandingan Spesifikasi Asus Zenfone 2: Produk Andalan Zenfone 2 ini Bukan Main Mengesankan!

Asus Zenfone 2 Melawan Samsung Galaxy S6: Perbandingan Kamera

Kamera High Quality Asus Zenfone 2 Contoh Gambar