Asus ROG Phone vs Razer Phone 2: Perang RAM 8 GB, 4000 mAh, SND 845 ….

Dua gaming smartphone ini tampaknya akan bersaing ketat di pasar. Dengan berbagai spek terbaik, Asus ROG Phone dan Razer Phone 2 siap menarik hati kalian yang hobi bermain game. Namun, mana yang sebaiknya kalian beli? Untuk mengetahuinya, ikutilah perbandingan di bawah ini.

Asus ROG Phone vs Razer Phone 2 – Perbandingan desain dan spesifikasi

Asus ROG Phone lebih dulu meluncur pada akhir semester pertama 2018 tepatnya pada bulan Juni. Sementara itu, Razer Phone 2 baru saja meluncur pada Oktober 2018. Berbicara desain, tampaknya Razer Phone 2 terlihat berbeda dari smartphone baru yang meluncur tahun ini. Smartphone tersebut masih menggunakan layar 16 : 9. Bezel atas dan bawahnya juga cukup tebal. Di sisi lain, Asus ROG Phone hadir dengan layar 18 : 9. Beralih ke sisi belakang, Asus ROG Phone terlihat lebih menawan karena terdapat lubang pembuangan panas. Sisi belakang Razer Phone 2 terbuat dari kaca untuk wireless charging. Menariknya, Asus ROG Phone dan Razer Phone 2 memiliki logo ROG dan Razer dengan lampu LED yang dapat menyala.

Kembali ke sisi depan, Asus ROG Phone hadir dengan layar AMOLED 6 inci beresolusi Full HD+. Layarnya memiliki refresh rate 90 Hz. Di sisi lain, Razer Phone 2 hadir dengan layar IGZO LCD 5,7 inci beresolusi Quad HD dengan refresh rate 120 Hz. Di sebelah atas layar dari tiap smartphone ada kamera 8 MP. Beralih ke sisi belakang, tiap smartphone juga memiliki kamera ganda yang disusun horizontal namun dengan konfigurasi berbeda. Asus ROG Phone dibekali kamera utama 12 MP (f/1.7) dan kamera 8 MP dengan jangkauan sudut 120 derajat. Sementara itu, Razer Phone 2 dibekali kamera utama 12 MP (f/1.8) dan kamera telefoto 12 MP (f/2.6). Kamera dengan jangkauan sudut lebar atau perbesaran optik dapat kalian pilih sesuai kebutuhan.

Terkait sumber energi, keduanya ditenagai baterai 4000 mAh yang mendukung Quick Charge 4+. Razer Phone 2 lebih istimewa karena mendukung wireless charging. Lebih lanjut, kedua smartphone juga sama-sama diperkuat chipset Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM 8 GB. Namun, perlu diketahui bahwa kecepatan maksimum CPU Snapdragon 845 milik Asus ROG Phone ditingkatkan menjadi 2,96 GHz, sedikit lebih tinggi dari 2,8 GHz pada pesaingnya. Untuk penyimpanan data, Asus ROG Phone menyediakan memori internal 128 GB atau 512 GB yang tidak didukung slot kartu microSD. Sementara itu, Razer Phone 2 menyediakan memori internal 64 GB atau 128 GB yang didukung slot kartu microSD. Terkait sistem keamanan, tiap smartphone dilengkapi pemindai sidik jari yang terletak pada posisi berbeda: belakang (Asus) vs samping (Razer). Yang terakhir, di antara keduanya, Razer Phone 2 lebih tahan terhadap air dan debu karena bersertifikasi IP67.

Asus ROG Phone vs Razer Phone 2 – Harga

Di Aamerika Serikat, Razer Phone 2 varian ROM 64 GB dijual seharga $799 (Rp 12 juta). Di sisi lain, harga Asus ROG Phone adalah $899 (Rp 13,5 juta) untuuk varian ROM 128 GB dan $1099 (Rp 16,5 juta) untuk varian ROM 512 GB. Secara umum, kedua smartphone ini sangat cocok untuk bermain game berat terbaru. Namun, menurut kami, Asus ROG Phone lebih unggul dengan kecepatan CPU lebih tinggi, memori internal lebih besar, serta desain sisi belakang lebih unik. Bagaimana pendapat kalian?