Apple iPhone XS vs Sony Xperia XZ2 Premium: Harga SAMA, RAM 6 GB, Dan Lainnya ….

Apple iPhone XS dan Sony Xperia XZ2 Premium adalah dua smartphone papan atas yang tampaknya akan bersaing ketat untuk merebut perhatian konsumen karena keduanya menawarkan berbagai spek impresif. Namun, mana yang sebenarnya lebih unggul? Mari kita cari tahu bersama dalam perbandingan di bawah ini.

Apple iPhone XS vs Sony Xperia XZ2 Premium

iPhone XS bersama iPhone XR dan iPhone XS Max baru saja diperkenalkan Apple pada September 2018. Smartphone ini bahkan sudah dapat dibeli di beberapa negara. Sementara itu, Sony Xperia XZ2 Premium lebih dulu lahir pada April 2018. Namun, smartphone tersebut baru dapat dibeli pada Juli 2018. Menariknya, keduanya sama-sama hadir dengan layar 5,8 inci. Namun, jenis, resolusi, serta rasio layarnya berbeda. Apple iPhone XS hadir dengan layar AMOLED dengan resolusi 1125 x 2436 piksel, dan rasio 19,5 : 9. Sementara itu, Sony Xperia XZ2 Premium hadir dengan layar IPS LCD dengan resolusi maksimal 4K dan rasio 16 : 9. Berkat layar 19,5 : 9, dimensi iPhone XS lebih kecil.

Dari sektor performa, Apple iPhone XS mengandalkan chipset A12 Bionic yang dipadukan dengan RAM 4 GB, sedangkan Sony Xperia XZ2 Premium diperkuat chipset Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM 6 GB. Meski dengan RAM lebih besar, smartphone Sony tersebut tetap harus mengakui bahwa lawannya lebih tangguh. Lebih lanjut, untuk penyimpanan data, Apple iPhone XS menyediakan tiga pilihan memori internal, 64/256/512 GB, yang sayangnya tidak didukung slot kartu microSD. Di sisi lain, Sony Xperia XZ2 menyediakan satu pilihan memori internal yaitu 64 GB yang masih dapat ditambah dengan kartu microSD.

Dari sektor fotografi, Apple iPhone XS dibekali kamera belakang ganda (kamera utama 12 MP + kamera telefoto 12 MP) dan kamera depan 7 MP, sedangkan Sony Xperia XZ2 Premium dibekali kamera belakang ganda (kamera utama 19 MP + kamera sekunder 12 MP) dan kamera depan 13 MP. Untuk memotret objek yang jauh, Apple iPhone XS lebih handal karena mendukung perbesaran optik. Lebih lanjut, Apple iPhone XS ditenagai baterai 2658 mAh, lebih kecil dari baterai 3540 mAh milik pesaingnya. Dalam hal ketahanan terhadap air dan debu, Sony Xperia XZ2 Premium yang bersertifikasi IP68 jelas lebih unggul dari Apple iPhone XS yang bersertifikasi IP67.

Apple iPhone XS vs Sony Xperia XZ2 Premium – Harga

Cukup menarik bahwa harga Apple iPhone XS varian ROM 64 GB sama dengan Sony Xperia XZ2 Premium. Harganya adalah $999 atau Rp 15 juta. Apple iPhone XS lebih unggul dalam hal performa dan kamera belakang. Sementara itu, Sony Xperia XZ2 Premium lebih unggul dalam hal layar 4K, kamera depan dengan resolusi lebih tinggi, baterai lebih besar, serta sertifikasi IP68. Sau hal lagi, adanya slot kartu microSD tentu membuat smartphone Sony tersebut ebih diminati pengguna berat smartphone. Menurut kalian, mana yang lebih layak untuk dimiliki?