Apple iPhone SE Resmi Dirilis: Layar 4 Inci, Apple A9 & Kamera 12 MP

Kalian semua tentu sudah mendengar berbagai kabar sebelumnya yang menginformasikan bahwa Apple akan merilis smartphone berlayar 4 inci pada awal 2016 ini. Nama yang beredar sebelumnya adalah iPhone 5SE. Nah, pada tanggal 21 Maret 2016, smartphone berlayar 4 inci tersebut resmi meluncur dengan nama iPhone SE atau Special Edition. Bagaimana dengan desain dan spesifikasinya? Mari telusuri ulasan di bawah ini.

Apple iPhone SE

Apple iPhone SE – Gabungan iPhone 5S dan iPhone 6S

`iPhone SE memang terlihat mirip dengan iPhone 5S, namun spesifikasi yang dimilikinya tangguh seperti iPhone 6S. Bagian luarnya terbuat dari aluminium. Desainnya terlihat elegan seperti model-model iPhone sebelumnya. iPhone SE hadir dengan empat pilihan warna yaitu silver, gold, space gray, dan rose gold. Pada bagian bawah layarnya terdapat sebuah tombol home yang sudah didukung oleh pemindai sidik jari Touch ID dan fitur Apple Pay. Dengan bodi aluminium dan pilihan warna yang menarik, iPhone SE pastinya menggoda kita semua.

Selanjutnya, mari kita perhatikan spesifikasinya. iPhone SE dibekali layar retina berukuran 4 inci dengan resolusi 640 x 1136 piksel dan tingkat densitas 326 ppi. Chipset yang digunakannya juga sama seperti yang digunakan iPhone 6S yaitu Apple A9 dengan prosesor motion M9. Nah, dengan chipset tersebut, performa iPhone SE pastinya juga setangguh iPhone 6S. Lebih lanjut, iPhone SE tersedia dalam dua pilihan kapasitas memori internal yaitu 16 GB dan 64 GB. Sayangnya, Apple belum mengumumkan kapasitas RAM dari iPhone SE, sehingga kita perlu menunggu pemberitahuan dari Apple di kemudian hari.

Apple iPhone SE

Untuk fotografi, iPhone SE dilengkapi kamera utama beresolusi 12 MP dengan diafragma f/2.2, teknologi autofocus dengan focus pixels, OIS, dan dua LED flash, serta kamera depan beresolusi 1,2 MP dengan diafragma f/2.4 yang didukung retina flash. Sebagai informasi tambahan, kamera utamanya mampu merekam video beresolusi 4K. Mantap! Sayangnya, Apple juga belum memberikan informasi terkait kapasitas baterainya. Sistem operasi yang dijalankannya adalah iOS 9.

Apple iPhone SE – Harga dan ketersediaan

Apple iPhone SE ditawarkan dengan harga $399 atau sekitar Rp 5,2 juta untuk varian dengan ROM 16 GB dan $499 atau sekitar Rp 6,5 juta untuk varian ROM 64 GB. Masa pre-order akan dimulai pada 24 Maret 2016 dan berlaku untuk beberapa negara di Asia, Eropa, dan Amerika. Setelah itu, akan mulai dijual pada 31 Maret 2016 juga di berbagai negara Asia dan Eropa. Hingga saat ini, belum ada pernyataan kapan iPhone SE akan tersedia di Indonesia. Kita tentu berharap iPhone SE secepatnya dipasarkan ke Indonesia untuk memenuhi keinginan para konsumennya.