Apple iPhone 8 vs Nokia 8: ROM 128 GB + Teknologi Augmented Reality

Selain duo Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus, masih ada dua smartphone lain yang namanya mengandung angka 8 yang akan hadir pada tahun ini. Kalian dapat menebaknya? Ya, Apple iPhone 8 vs Nokia 8. Nah, di antara keduanya, mana yang lebih unggul?

Nokia-8-vs-iPhone-8-e1492759686625

Apple iPhone 8 vs Nokia 8 – Perang dua monster

Tahun 2017 adalah tahun penting untuk Apple dan Nokia. Mengapa? Apple akan memperingati 10 tahun kehadiran iPhone di pasar smartphone global. Mereka tentu mempersiapkan kado istimewa untuk pecintanya yang sejauh ini diketahui sebagai iPhone 8. Di sisi lain, tahun 2017 menjadi tahun kebangkitan Nokia. Setelah meluncurkan tiga smartphone kelas menengah, meliputi Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6, raksasa asal Finlandia tersebut kabarnya akan memperkenalkan smartphone premium. Kita sudah mendengar beberapa calon smartphone premium Nokia, salah satunya adalah Nokia 8.

Pertama, mari kita perhatikan bocoran spesifikasi Nokia 8. Smartphone ini kabarnya tersedia dalam dua varian: RAM 4 GB + ROM 64 GB dan RAM 6 GB + ROM 128 GB. Layarnya akan berukuran 5,7 inci dengan resolusi Quad HD. Terkait performa, ada rumor yang menyebut bahwa Nokia 8 akan diperkuat chipset Snapdragon 835, ada pula yang menyebut Snapdragon 660. Bagaimana dengan sektor fotografinya? Di awal 2017, Nokia 8 dilaporkan akan memiliki kamera utama 24 MP dan kamera depan 12 MP. Namun, setelah itu, kamera utamanya kabarnya akan terdiri dari dua sensor dengan resolusi yang belum diketahui. Sistem operasi yang dijalankannya adalah Android 7 Nougat versi terbaru.

Nokia-8-vs-iPhone-8-2-e1492760744556

Nah, karena menjadi kado spesial untuk memperingati 10 tahun kehadiran iPhone, iPhone 8 tentu akan berbeda dari pendahulunya. Hal paling menonjol adalah dari layarnya. Apple dikabarkan telah memesan 70 juta layar OLED dari Samsung. Layar tersebut berukuran 5,2 inci dengan dua sisi lengkung. Resolusinya kemungkinan Full HD. Selain itu, iPhone 8 kemungkinan akan dibekali teknologi Augmented Reality. Seperti iPhone 7 Plus, smartphone ini juga akan memiliki kamera utama ganda. Kamera depannya juga akan ditemani oleh sensor pengenal wajah. Terkait media penyimpanan, belajar dari duo iPhone 7 dan 7 Plus, salah satu varian iPhone 8 tampaknya akan memiliki ROM 128 GB. Sayangnya, informasi lebih rinci terkait spek lainnya masih belum diketahui.

Apple iPhone 8 vs Nokia 8 – Waktu peluncuran

Dari bocoran spek di atas, tampak jelas bahwa Apple iPhone 8 dan Nokia 8 akan mengancam pesaingnya di segmen smartphone premium. Nah, bila kalian sudah tak sabar ingin melihatnya, kami sampaikan, menurut kabar terakhir, Nokia akan memperkenalkan smartphone baru pada akhir Juni atau awal kuartal ketiga. Semoga Nokia 8 adalah salah satunya. Di sisi lain, karena masalah suplai layar OLED, waktu peluncuran iPhone 8 akan dimundurkan ke bulan Oktober atau November. Nah, seperti biasa, kalian tentu perlu menyiapan uang lebih banyak untuk membeli iPhone dibandingkan smartphone Android. Begitu pula bila kalian lebih memilih iPhone 8 daripada Nokia 8.