Apa Itu Diafragma pada Kamera Smartphone?

Kami yakin kalian sering melihat kata diafragma terkait pembahasan kamera smartphone. Nah, apa itu diafragma? Bagaimanakah diafragma mempengaruhi kualitas foto? Berapa ukura diafragma yang terbaik? Untuk mengetahuinya, ikuti pembahasan kami berikut ini.

 aperture camera

Apa itu diafragma?

Pertama, apakah itu diafragma? Diafragma adalah lubang yang memungkinkan cahaya masuk melalui lensa menuju bagian dalam lainnya dari sebuah kamera. Diafragma juga mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera. Dengan demikian, ukuran diafragma menentukan jumlah cahaya yang masuk. Semakin besar ukuran diafragma, semakin banyak cahaya yang masuk. Sebaliknya, semakin kecil diafragma, semakin sedikit cahaya yang masuk. Fungsi diafragma pada kamera sama seperti pupil pada mata kita.

Ukkuran diafragma pada kamera dinyatakan dengan huruf f. Menariknya, semakin kecil angka di belakang huruf f berarti diafragma semakin besar. Hal ini berarti f/1.7 > f/2.0 > f/2.8. Contoh kamera smartphone yang berdiafragma f/1.7 adalah pada Samsung Galaxy S7, S7 Edge, dan Note 7. Lalu, bagaimanakah ukuran diafragma mempengaruhi kualitas foto? Ternyata ukuran diafragma mempengaruhi Depth of Field atau kedalaman ruang di area yang menjadi titik fokus kamera. Diafragma yang lebih kecil akan membuat area fokus terlihat lebih tajam, sedangkan area di sekelilingnya menjadi buram. Di sisi lain, area fokus maupun area sekelilingnya akan sama-sama terlihat tajam pada kamera dengan diafragma yang besar.

 aperture camera

Kamera smartphone dengan diafragma yang lebih besar akan menghasilkan foto yang lebih berkualitas ketika kalian ingin memotret foto dengan posisi portrait (tegak) atau di tempat dengan intensitas cahaya yang rendah. Bila kalian ingin memotret foto dengan dua kondisi tersebut, kamera dengan diafragma besar adalah pilihan yang lebih baik. Di sisi lain, kamera dengan diafragma kecil akan menghasilkan foto lebih baik di tempat yang terang. Bila kalian memotret foto berkelompok atau pemandangan, kamera dengan diafragma besar lebih cocok.

Kamera dengan diafragma besar atau kecil?

Ukuran diafragma beserta OIS dan kecepatan shutter adalah elemen utama yang menentukan kualitas sebuah foto. Diafragma menambah kedalaman ruang sekaligus membuat segala sesuatu terlihat jelas. Kamera dengan diafragma kecil tidak berarti tidak sebaik kamera dengan diafragma besar. Masing-masing memiliki cara berbeda untuk menghasilkan foto terbaik. Jadi, diafragma besar atau kecil adalah pilihan kalian.