Alasan TIDAK ADA Smartphone Xiaomi Punya Fitur Kedap Air

Fitur kedap air pasti diinginkan oleh semua pengguna smartphone. Namun, fitur tersebut tidak dimiliki oleh semua smartphone Xiaomi. Mari kita berbincang dengan Lei Jun, CEO Xiaomi, untuk mengetahui alasannya.

Xiaomi smartphone

Smartphone Xiaomi – Tanpa fitur kedap air

Tampaknya fitur kedap air hanya dimiliki oleh berbagai smartphone papan atas, seperti Samsung Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, Sony Xperia Z5 Premium, dan Sony Xperia X Performance. HTC dan Motorola juga membekali fitur kedap air pada smartphone produksinya, namun hanya beberapa jenis smartphone saja. Nah, bagaimana dengan Xiaomi?

Semua smartphone Xiaomi tidak pernah memiliki fitur kedap air. Lei Jun, pendiri Xiaomi, menyampaikan alasannya terkait hal tersebut. Menurut dia, banyak konsumen yang meminta agar smartphone Xiaomi dilengkapi dengan fitur kedap air, namun Lei Jun tidak ingin memenuhi permintaan tersebut. Alasannya, penambahan fitur kedap air akan membuat harga smartphone Xiaomi jauh lebih mahal.

Xiaomi smartphone (2)

Satu alasan lagi, menurut Lei Jun, adalah fungsi fitur kedap air cukup rentan. Adanya kerusakan pada bagian tertentu smartphone berpotensi membuat fitur kedap air tidak berfungsi, meskipun hanya kerusakan kecil. Yang lebih parah lagi, kita tidak dapat mengetahui apakah fitur kedap air tersebut tetap melindungi smartphone kita dengan sempurna atau tidak. Penambahan fitur tersebut juga akan meningkatkan biaya produksi 20% hingga 30%.

Smartphone Xiaomi – Fitur kedap air sangat diperlukan?

Lei menambahkan bila para konsumen ingin membayar 20% – 30% lebih mahal untuk membeli smartphone yang dibekali fitur kedap air, Xiaomi akan memenuhi permintaan tersebut. Namun, tampaknya sebagian besar konsumen tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan. Hal ini yang membuat pendiri Xiaomi masih tidak ingin memproduksi smartphone yang dilengkapi fitur kedap air.