Akankah Sony Xperia Z5 Meningkatkan Angka Penjualan Smartphone Sony?

Sony telah merilis laporan keuangan perusahaannya. Yang sedang menjadi tren di dunia internet saat ini adalah game-game untuk PS4 yang merupakan konsol game buatan Sony dan menjadi salah satu sumber utama pemasukan untuk perusahaannya. Dengan begitu, pendapatan Sony sebagian besar bersumber dari pasar game. Lebih lanjut, sebagai produsen kamera dengan teknologi terbaik, Sony juga meraih banyak keuntungan dari pasar kamera. Selain itu, divisi yang bergerak di bidang musik tidak ketinggalan turut mempunyai peran besar terhadap perusahaan ini. Namun demikian, hal tersebut tidak terjadi pada divisi smartphone yang hingga saat ini belum menunjukkan kemajuan yang signifikan.

Hal ini dapat terlihat dari angka penjualan Sony Xperia Z3+/Xperia Z4 yang tidak mencapai target seperti yang diharapkan oleh Sony. Hingga tanggal 30 Juni 2015, Sony mengaku telah meraih pendapatan hingga $14,5 miliar atau hamper mendekati Rp 200 triliun. Ketika divisi konsol game akan berkontribusi semakin besar pada pendapatan Sony di masa mendatang seiring larangan peredaran konsol game selama 14 tahun di China akan segera dicabut, divisi Sony lainnya masih belum dapat menunjukkan kontribusi yang lebih besar lagi.

Meskipun spek Sony Xperia Z3+ sangat menawan, namun tetap tidak mampu meningkatkan pendapatan Sony.

Penjualan smartphone Sony mengalami penurunan $184 juta (sekitar Rp 2,5 miliar) atau 16% lebih rendah dibandingkan angka penjualan pada tahun lalu. Sony sedang mempersiapkan strategi baru di pasar smartphone. Mereka menyatakan tidak akan lagi mengikuti persaingan tersebut, tetapi lebih berfokus pada peningkatan angka penjualan. Hal ini menandakan hanya Sony Xperia Z-series yang akan tetap dipertahankan oleh Sony dan kami belum mengetahui apakah kebijakan ini akan berhasil. Bila tidak berhasil, maka Sony akan semakin terpuruk pada persaingan smartphone di dunia.

Apakah Sony akan meraih angka penjualan smartphone yang lebih tinggi dengan Sony Xperia Z5?

Meski demikian, Sony masih meraih keuntungan dari divisi teknologi kameranya karena banyak smartphone unggulan saat ini yang dilengkapi kamera dengan teknologi Sony. Oleh karena itu, Sony akan melakukan investasi dengan jumlah yang lebih besar pada divisi ini. Diharapkan penjualan smartphone Sony juga akan semakin berkembang di kemudian hari.