8 Faktor Mengapa Xiaomi Note Pro Lebih Unggul dari Samsung Galaxy Note 4

Xiaomi menjadi pusat perhatian banyak orang setelah pihaknya meluncurkan 2 smartphone andalan terbarunya, Xiaomi Note dan Xiaomi Note Pro. Dengan spek dan fitur-fitur canggih yang dimilikinya, khususnya Xiaomi Note Pro, hal ini menjadikan smartphone tersebut masuk ke jajaran smartphone papan atas dunia. Dengan begitu, Xiaomi Note Pro layak untuk disandingkan dengan smartphone berteknologi tinggi lainnya. Salah satunya adalah Elite Phablet dari Samsung yaitu Samsung Galaxy Note 4.

xiaomi-mi-note-hands-on-photos 2

Ketika kami mencermati data spesifikasi lengkap dari Xiaomi Mi Note Pro, selain didukung spek yang berteknologi tinggi, tetapi juga dibekali fitur-fitur canggih lainnya yang tidak ditawarkan oleh Samsung Galaxy Note 4. Berikut ulasan kami tentang keunggulan-keunggulan Xiaomi Mi Note Pro dibandingkan Samsung Galaxy Note 4.

1. Bagian belakang terbuat dari plastic

Mari kita mulai ulasan kita dari aspek desain. Bagian belakang Samsung Note 4 terbuat dari bahan kulit. Hal ini mendapat banyak kritik dara penggunanya. Di sisi lain, Xiaomi Note Pro menggunakan plastic 3D yang menciptakan lengkungan di seluruh bagian tepinya yang tentu akan terlihat lebih menawan.

xiaomi-mi-note-hands-on-photos-rear

2. Lebih tipis

Jika dibandingkan antara Mi Note Pro dengan iPhone 6 Plus, smartphone dari Xiaomi ini terlihat lebih tipis dengan layar yang lebih lebar. Dengan ketebalan 6,95 mm, Mi Note Pro juga lebih tipis dari Samsung Galaxy Note 4 yang memiliki ketebalan 8,5 mm. Kami menyimpulkan bahwa bila dicermati daari aspek desain, Xiaomi Mi Note Pro lebih baik dari Samsung GalaxyNote 4.

Xiaomi Note Hands On

 

3. Prosesor Octa-core Qualcomm Snapdragon 810 CPU 64-bit

Samsung Galaxy Note 4 dibekali prosesor Exynos Octa 7 atau Snapdragon 805 CPU, sedangkan Xiaomi Mi Note Pro didukung prosesor Octa-core Snapdragon 810 generasi terbaru dengan performaa yang lebih baik. Bila kita membandingkan nilai performa Antutu Galaxy Note 4 dengan MX4, ternyata smartphone buatan Meizu lebih unggul dari Samsung. Kami meyakini nilai performa Antutu dari Xiaomi Note Pro berada di atas kedua smartphone tersebut.

snapdragon 810

4. RAM 4 GB LDDR4

Dengan RAM 3 GB, Samsung Galaxy Note 4 cocok digunakan untuk multitasking. Di tahun 2015 ini, Anda tentu menginginkan smartphone dengan kinerja yang lebih tangguh. Untuk memenuhi kebutuhan itu, Xiaomi melengkapi Mi Note Pro terbarunya dengan RAM 4 GB LDDR4, yang merupakan generasi terbaru dari teknologi RAM, yang tentu akan lebih cepat dari smartphone dengan RAM 4 GB seperti yang terdapat pada Asus Zenfone 2. Dengan kecepatan yang dimilikinya, Anda dapat menggunakan Mi Note Pro sebagai pengganti laptop.

xiaomi-mi-note-pro-1

5. Memori internal 64 GB

Xiaomi Mi Note Pro dibekali memori internal 64 GB, sedangkan Samsung Galaxy Note 4 yang versi standar hanya 32 GB. Meskipun memori internal Galaxy Note 4, dengan harga yang jauh lebih murah, Anda bisa mendapatkan Xiaomi Note Pro dengan kapasitas memori internal 2 kali lebih besar dari Note 4.

xiaomi note pro specs comparison
6. Dua slot SIM card

Tidak banyak smartphone yang dilengkapi 2 slot untuk SIM card. Hanya Asus Zenfone 2 yang dilengkapi slot untuk 2 SIM card. Hal ini juga bisa ditemukan pada Mi Note Pro. Di Asia, smartphone dengan 2 slot SIM card sangat digemari oleh para pengguna smartphone. Hal inilah yang menjadi nilai tambah dari Xiaomi Mi Note Pro dibandingkan Samsung Galaxy Note 4.

Xiaomi-Mi-Note-vs-iPhone-6-Plus

 

7. LTE Cat 9

Mi Note Pro didukung konektivitas LTE Cat 9 yang akan memberikan koneksi yang lebih cepat dibandingkan Galaxy Note 4. Dengan prosesor Snapdragon 810 pada Mi Note Pro, Anda dapat mengunduh dengan kecepatan hingga 450 Mbps dan menggungah hingga 100 Mbps. Pada Galaxy Note 4, dengan Snapdragon 805 Anda bisa mendapatkan kecepatan mengunduh 300 Mbps dan menggungah 50 Mbps. Untuk varian Exnos, kecepatan unduh hanya 150 Mbps serta unggah 50 Mbps. Meskipun hal-hal di atas juga dipengaruhi oleh penyedia layanan LTE Anda, Mi Note Pro tetap lebih unggul.

xiaomi-mi-note-hands-on-photos-top 3

 

8. Harga

Sebagai salah satu smartphone berteknologi tinggi, namun harga Xiaomi Mi Note Pro masih jauh lebih murah daripada Samsung Galaxy Note 4. Pada acara peluncurannya, Mi Note Pro ditawarkan mulai dari harga Rp 7 juta, sedangkan Galaxy Note 4 dijual dengan harga mulai dari Rp 9,3 juta. Sebagai kesimpulan, Anda dapat memiliki smartphone berkelas dengan harga yang lebih murah.