600 Juta Keyboard Smartphone Samsung Rentan Terinfeksi!

Laporan terbaru dari WSJ dan NowSecure menyebutkan bahwa lebih dari 600 juta smartphone Samsung, khususnya pada Galaxy series, akan mengalami masalah sistem pengamanan yang serius terutama ketika melakukan install ulang keyboard. Jika masalah tersebut tidak segera diatasi, hacker dapat menginfeksi smartphone tersebut dan mengambil alih kendali atas GPS, kamera, serta microphone. Para hacker juga dapat menginstallkan aplikasi-aplikasi yang berbahaya, mengendalikan pesan pribadi, panggilan telepon, ataupun galeri foto dan video tanpa sepengetahuan Anda.

1

Masalah tersebut datang ketika pengguna smartphone mengunduh aplikasi SwiftKey keyboard pre-installed. SwiftKey adalah aplikasi keyboard yang digunakan oleh Samsung. Jika Anda menggunakan keyboard SwiftKey yang diunduh dari Playstore, Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah tersebut.

Tahun lalu, pada bulan November 2014, NowSecure yang bermarkas di Israel telah memperingati tim dari Samsung dan Google Android terkait ancaman keyboard yang telah terinfeksi. Perusahaan asal Korea tersebut meminta tenggang waktu 3 bulan kepada NowSecure untuk memperbaiki aplikasi keyboard yang terinfeksi tersebut sebelum menyebarkan hal ini kepada publik sehingga tidak akan mengkhawatirkan pengguna smartphone. Namun, aplikasi yang telah diperbaharui dan diluncurkan pada bulan Maret tidak beroperasi dengan sempurna. Para ahli dari Now Secure masih menemukan masalah tersebut ketika mereka menggunakan Samsung Galaxy S6 yangg baru dibeli dari Samsung beberapa minggu lalu.

2

Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan oleh hacker dengan keyboard yang telah terinfeksi pada smartphone Samsung Anda:

  1. Mengakses sensor-sensor dan fitur lainnya seperti GPS, kamera, dan microphone
  2. Menginstall aplikasi-aplikasi berbahaya tanpaa sepengetahuan Anda
  3. Mengintai kinerja dari aplikasi dan smartphone
  4. Mengintai pesan dan panggilan baik yang masuk maupun keluar
  5. Mengakses informasi dari pesan atau foto pribadi

Samsung mulai memberikan patch kepada jaringan operator telepon seluler pada awal tahun 2015. Namun, hingga saat ini belum bisa dipastikan berapa banyak smartphone Samsung yang masih rentan terhadap masalah tersebut. Pencegahan merupakan hal yang lebih baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, NowSecure memberikan beberapa tips untuk mengurangi risiko dari bahaya keyboard yang terinfeksi tersebut pada para pengguna smartphone Samsung:

  1. Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi di tempat umum dan tanpa password
  2. Gunakan smartphone lainnya sambal menantikan aplikasi yang telah diperbaharui
  3. Cari informasi seputar patch

Jika Anda pengguna Samsung Galaxy S4 atau versi terbarunya, disarankan agar Andaa tetap waspada terhadap bahaya tersebut dan terus memperbaharui informasi terkait masalah ini.