5 Tips Untuk Tambah Kapasitas Memori Internal Dengan Kartu MicroSD

Sebagian besar smartphone berharga murah masih hadir dengan memori internal berkapasitas kecil. Hal ini tentu menjadi masalah karena tidak dapat menyimpan banyak data, apalagi sistem operasi menggunakan sekitar 6 GB dari total kapasitas memori internal. Beruntungnya, produsen masih melengkapinya dengan slot microSD. Nah, kami memiliki 5 tips bila kalian ingin menambah kapasitas media penyimpan smartphone kalian dengan kartu microSD.

1 Cari kartu microSD dengan ukuran yang tepat

Di pasar, ada dua jenis kartu microSD yang tersedia yaitu Secure Digital High Capacity (SDHC) dan Secure Digital Extended Capacity (SDXC). Kartu microSD jenis pertama menawarkan kapasitas hingga 32 GB, sedangkan yang kedua menawarkan kapasitas 64 GB hingga 128 GB. Untuk menentukan pilihan yang tepat, kalian perlu mencari tahu berapa besar kapasitas media penyimpan yang dapat dikelola oleh smartphone. Nah, mayoritas smartphone terbaru cocok dengan jenis yang kedua. Kalian sebaiknya membeli kartu microSD dengan kapasitas dua kali lebih besar dari yang dibutuhkan. Kartu microSD dengan lebih banyak memori yang tak terpakai mendukung proses loading yang lebih cepat.

2 Pilih kartu microSD dengan kecepatan yang tepat

Setelah itu, kalian perlu memperhatikan kecepatan baca dari kartu microSD. Ada dua jenis yang tersedia yaitu UHS-I dan Class 10. Secara teknis, UHS-I lebih cepat dari Class 10. Bila kalian hanya menyimpan data-data ringan, kalian cukup membeli jenis yang kedua. Namun, untuk menyimpan aplikasi, video 4K, serta da-data berat, jenis yang pertama lebih cocok karena memiliki kemampuan membaca yang lebih cepat.

3 Beberapa saran terkait kartu microSD

Samsung EVO + dan Samsung EVO Select adalah dua contoh kartu microSD yang baik, namun harganya lebih mahal dari yang lainnya. Ada pula SanDisk Extreme Pro dan SanDisk Plus. Namun, SanDisk Plus tidak secepat SanDisk Extreme Pro maupun Samsung EVO +. Meski demikian, kualitasnya masih cukup baik dan harganya juga lebih murah. Sebagai info tambahan, SanDisk Ultra 400GB adalah kartu microSD dengan kapasitas terbesar yang ada saat ini. Harganya sudah pasti mahal.

4 Format kartu microSD

Ketika memasukkan kartu microSD ke slot yang tersedia, sistem pada smartphone secara otomatis meminta untuk melakukan format. Bila tidak muncul, kalian dapat melakukannya secara manual melalui Settings, Storage, dan Format As Internal. Bila kalian ingin menjadikan kartu microSD sebagai tempat utama untuk menyimpan aplikasi, buka Settings, Storage, dan lalu pilih Default Write Disk. Kalian jugag dapat memindahkan secara manual aplikasi pada smartphone ke kartu microSD.

5 Atur partisi kartu microSD dengan format sebagai internal dan eksternal

Tidak mungkin memindakan data dari dank e kartu microSD bila tidak dalam bentuk partisi (terpisah antara media penyimpanan internal dan eksternal. Hal ini juga membuat Android mengenkripsi bagian-bagian dari kartu microSD. Teknik seperti ini cukup rumit dan diperlukan pengetahuan untuk menghubungkan kartu microSD ke smartphone melalui Android Debug Bridge. Cara ini memungkinkan kalian untuk membagi memori kartu microSD menjadi memori internal dan eksternal.

Kapasitas Memori Internal Dengan Kartu MicroSD

Media penyimpan lebih luas dengan kartu microSD

Inilah lima tips untuk menambah kapasitas media smartphone dengan menggunakan kartu microSD. Namun, perlu diwaspadai bila kartu microSD bbermasalah karena data-data yang tersiman di dalamnya bisa saja hilang atau rusak dan sulit untuk dipulihkan kembali. Meski kalian menggunakan kartu microSD, disarankan untuk selalu membuat cadangan data-data penting kalian.