5 Smartphone Android Terbaik Untuk Kembalinya Nokia

Setiap kabar terkait Nokia tampaknya menarik antusiasme semua pecinta merek tersebut di seluruh dunia. Kali ini, mari kita lihat 5 smartphone Android yang mungkin menjadi kenyataan ketika Nokia bangkit nanti.

Nokia comeback

1 Nokia C1 – Versi mini dari tablet Nokia N1

Smartphone pertama dalam daftar ini adalah Nokia C1. Dari desainnya, smartphone ini tampaknya merupakan versi mini dari tablet Nokia C1. Berdasarkan bocoran informasi, Nokia C1 hadir dengan bodi berbahan logam yang dilapisi kaca, membuatnya terlihat elegan dan kokoh.

Terkait spesifikasinya, belum ada konfirmasi langsung dari Nokia. Namun, tampaknya smartphone ini akan hadir dalam dua ukuran layar, 5 inci dan 5,5 inci, yang masing—masing beresolusi Full HD. Keduanya juga memiliki perbedaan spesifikasi. Varian dengan layar 5 inci kemungkinan hadir dengan RAM 2 GB, memori internal 32 GB, dan kamera utama 8 MP. Sementara itu, varian satu lagi kemungkinan akan dibekali RAM 3 GB, memori internal 64 GB, dan kamera utama 13 MP. Untuk berfoto selfie, keduanya menawarkan kamera depan 5 MP.

Nokia comeback

2 Nokia A1 – Smartphone Android kedua

Nokia A1 dikabarkan menjadi smartphone Android berikutnya dari perusahaan teknologi tersebut. Laporan terbaru menyebutkan bahwa smartphone ini akan menjalankan Android Nougat bukan Android Marshmallow. Nokia A1 kabarnya akan hadir dengan RAM 3 GB dan chipset Snapdragon 652 octa-core 1,8 GHz. Untuk fotografi, smartphone ini akan dibekali kamera utama 12 MP PureView dan kamera depan 5 MP. Untuk media penyimpanan, kalian akan ditawari memori internal 128 GB. Smartphone dengan layar 5,15 inci Full HD ini kabarnya juga akan ditenagai baterai besar berkapasitas 5000 mAh.

Nokia comeback

3 Nokia E1 – Penantang lainnya dari Nokia

Salah satu smartphone Android terbaik Nokia yang rumornya beredar pada 2016 adalah Nokia E1. Menurut informasi, smartphone ini akan dibekali chipset Intel 64-bit 2,3 GHz dan prosesor grafik PowerVR G6430. Selain itu, Nokia E1 juga akan memiliki layar 4,95 inci Full HD, memori internal 32 GB, dan baterai 2700 mAh. Untuk fotografi, kamera utama 20 MP dan kamera depan 5 MP diyakini akan hadir bersama smartphone ini.

Nokia comeback

4 Nokia P1 – Layar 2K, bodi logam

Smartphone berikutnya adalah Nokia P1 yang kabarnya akan tersedia dalam dua pilihan ukuran layar yaitu 5,2 inci dan 5,5 inci. Meskipun ukuran layarnya berbeda, namun layar keduanya akan beresolusi 2K. Lebih lanjut, keduanya akan diperkuat chipset Snapdragon 820 dari Qualcomm dan sistem operasi Android terbaru. Kedua varian Nokia P1 tersebut kabarnya juga akan memiliki bodi berbahan logam yang dibekali fitur kedap air dan debu (IP68). Hal ini berarti daya tahan airnya akan sebaik Samsung Galaxy S7 Edge.

Nokia comeback

5 Nokia D1C – Masih menjadi misteri

Setelah tampil di situs Geekbench beberapa hari yang lalu, Nokia D1C belum lama ini terlihat di situs AnTuTu. Seperti yang dilaporkan Geekbench, spesifikasi Nokia D1C akan meliputi chipset Snapdragon 430 octa-core 1,4 GHz, prosesor grafik Adreno 505, RAM 3 GB, memori internal 32 GB, dan Android 7.0 Nougat. Spesifikasi tersebut juga sama dengan apa yang ditampilkan AnTuTu, namun ada beberapa tambahan informasi baru, seperti layar Full HD, kamera utama 13 MP, dan kamera depan 8 MP.

Kembalinya Nokia

Kita sudah berada di kuartal keempat tahun 2016 dan sebagian besar di antara kita tentu sudah tidak sabar menanti kembalinya Nokia. Setelah absen dari pasar smartphone selama dua tahun, Nokia tentunya menghadapi banyak tantangan untuk berkompetisi dengan para pesaingnya. Sebelum mendapat konfirmasi langsung dari Nokia terkait smartphone pertamanya, mari kita bersabar.