5 Hal Yang JANGAN Kalian Lakukan pada Smartphone Android Kalian

Para pengguna smartphone merasa perlu mengetahui cara-cara untuk membuat smartphone-nya lebih aman dan cepat. Nah, pada artikel ini, kami akan sampaikan 5 hal yang tidak perlu kalian lakukan pada smartphone Android kalian untuk menjaga performanya agar tetap maksimal.

kv_sub8_feature01

1 Install aplikasi penghemat baterai

Sebenarnya, berlawanan dari apa yang dipikir banyak orang, aplikasi penghemat baterai smartphone akan membuat baterai kalian lebih cepat habis. Bila berpikir secara logis, kalian mungkin akan tersadar bahwa agar aplikasi penghemat baterai dapat berjalan, aplikasi tersebut juga memerlukan energi baterai. Hal ini akan membuat situasi semakin buruk bila kalian memiliki aplikasi sejenis pada waktu yang bersamaan. Hapus aplikasi tersebut sesegera mungkin bila kalian telah meng-install-nya pada smartphone kalian.

Nah, bila kalian ingin tahu hal-hal yang membuat baterai smartphone cepat habis, kalian dapat membacanya di sini.

2 Tutup Tab yang tidak diperlukan pada web browser

Bila kalian membuka Tab terlalu banyak pada web browser yang sedang berjalan, hal ini akan memerlukan energi baterai dan kapasitas RAM yang lebih besar, dan tentunya akan menurunkan performa smartphone kalian secara keseluruhan. Akan lebih baik bila kalian menutup Tab yang tidak diperlukan dan bersihkan cache untuk membersihkan memori internal smartphone. Dengan kata lain, sediakan ruang memori yang cukup agar performa smartphone tetap lancar.

Smartphone Android

3 Install aplikasi sembarangan

Kami yakin kita semua tidak membaca instruksi dengan lengkap sebelum mengunduh aplikasi baru. Nah, alangkah lebih baik bila kalian memeriksa terlebih dahulu akses apa saja yang diperlukan oleh aplikasi tersebut. Sebagai contoh, mengapa aplikasi tersebut perlu mengetahui GPS kalian? Atau meminta kalian untuk menyebutkan akun Facebook kalian (yang tentunya berisi data-data rahasia kalian)? Nah, semakin banyak akses yang diperoleh oleh aplikasi tersebut, semakin banyak data yang akan dihimpun oleh aplikasi tersebut, dan tentunya smartphone kalian semakin tidak aman.

4 Melakukan rooting tanpa pengetahuan yang jelas

Rooting adalah sebuah cara untuk mengatur ulang penggunaan memori internal dan hal-hal lainnya. Nah, bila kalian tidak memahaminya dengan jelas dan mencoba melakukannya, kalian seperti bermain di tengah kegelapan dan hasilnya akan buruk. Bila kalian ingin melakukan rooting pada smartphone kalian, pastikan mengetahui cara-caranya dengan benar dan jelas, sehingga kalian mengetahui hal-hal yang akan terjadi bila melakukannya.

Bluestakcs-2

5 Hapus aplikasi yang kalian pikir tidak diperlukan tanpa mengetahui fungsinya

Banyak aplikasi yang telah di-install-kan pada smartphone kalian beserta sistem operasinya. Seiring berjalannya waktu, kalian mungkin akan mencari-cari dan menghapus aplikasi yang kalian pikir tidak berguna untuk memberikan kapasitas memori yang lebih besar untuk aplikasi yang kalian pikir lebih menarik. Jangan melakukan hal ini, kecuali kalian telah mencari tahu fungsi aplikasi tersebut. Banyak aplikasi yang tampaknya tidak berguna, tetapi mendukung aplikasi lainnya dan mendukung performa smartphone tetap baik.

Demikianlah beberapa hal yang kami sarankan tidak kalian lakukan pada smartphone kalian bila kalian belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai dampak yang akan terjadi dari hal-hal tersebut. Bila kalian melakukannya dengan ceroboh, bisa saja akan berdampak buruk dan menimbulkan masalah pada smartphone kalian.