5 Fitur Smartphone Terbaik pada 5 Tahun Terakhir

Pada 5 tahun terakhir ini, kita sudah melihat berbagai hal yang diciptakan untuk membuat smartphone lebih pintar. Mari kita cari tahu teknologi mutakhir apa saja pada daftar di bawah ini.

smartphone features

1 Pemindai sidik jari untuk keamanan yang lebih baik

Bila kalian ingat, kita melihat pemindai sidik jari yang dibekali pada smartphone untuk pertama kalinya pada iPhone 5s buatan Apple. Kemudian, pemindai sidik jari menjadi populer dan digunakan oleh banyak smartphone Android. Dan saat ini, kalian dapat menjumpai fitur ini pada berbagai smartphone kelas menengah. Tidak diragukan bahwa pemindai sidik jari merupakan salah satu teknologi terbaik karena dapat membuat smartphone kalian lebih aman. Bila smartphone hilang, kalian tidak perlu terlalu khawatir karena si pencuri tidak dapat melihat semua informasi, foto, dan data-data pribadi kalian tanpa mengetahui kata sandinya.

Selain itu, pemindai sidik jari juga mempermudah aktivitas lain. Sebagai contoh, Apple Pay, Android Pay, dan Samsung Pay mengandalkan pemindai sidik jari untuk membuat proses pembayaran lebih mudah dan cepat. Bagaimana menurut kalian?

2 Teknologi fast charging

Berikutnya, kita memiliki teknologi yang dapat mempersingkat waktu pengisian ulang baterai smartphone. Pada aspek ini, kita harus mengakui bahwa smartphone Android menjadi pemimpinnya karena Qualcomm menghadirkan teknologi Quick Charge yang memungkinkan baterai berkapasitas besar dapat terisi penuh dengan cepat. Sebagai contoh, baterai Samsung Galaxy S7 dapat terisi penuh hingga 100% dalam waktu kurang dari 2 jam. Lalu, bila kalian sedang terburu-buru, penge-charge-an selama 30 menit saja sudah cukup untuk memberikan waktu penggunaan yang cukup lama.

3 Layar dengan resolusi tinggi

smartphone features

Saat ini, layar beresolusi 4K (aka Ultra HD) menjadi layar smartphone dengan resolusi tertinggi. Namun, penggunaan layar tersebut menimbulkan banyak perdebatan. Di sisi lain, layar 2K (aka Quad HD), meskipun tidak sebaik layar 4K, menjadi layar yang paling banyak digunakan saat ini. Berbagai smartphone papan atas seperti Samsung Galaxy S7, LG G5, dan HTC 10 dibekali layar beresolusi 1440 x 2560 piksel (Quad HD).

4 Teknologi kamera

Berbagai teknologi kamera seperti kestabilan gambar optik (OIS), kemampuan merekam video 4K, dan laser autofocus sudah menjadi spesifikasi yang standar pada kamera smartphone modern. Bila kamera smartphone kalian dibekali OIS, foto yang dihasilkan akan lebih tajam dan stabil, terutama di tempat yang redup. Untuk perekaman video 4K, meskipun ukuran file video menjadi lebih besar dan berat, video yang dihasilkan akan terlihat sangat menawan dan jernih. Sebagai tambahan, penggunaan perbesaran digital juga semakin luas. Yang terakhir, autofocus, seperti Dual Pixel pada Samsung Galaxy S7, Phase Detection Autofocus pada berbagai kamera smartphone terkini, serta laser autofocus pada smartphone Asus Zenfone, memungkinkan kamera smartphone menangkap fokus objek dengan lebih cepat.

smartphone features

5 Layar melengkung

Yang terakhir adalah layar dengan permukaan melengkung. Saat ini, meskipun layar ini masih menjadi fitur populer pada Samsung Galaxy Edge series, banyak produsen smartphone, terutama yang berasal dari China, sedang mencoba untuk membekali smartphone buatannya dengan layar ini. Mereka juga harus tetap berinovasi agar layar dengan permukaan melengkung yang diproduksinya dapat memiliki fungsi yang sama seperti layar Samsung Galaxy Edge series.