5 Alasan Smartphone Saat Ini TANPA Slot MicroSD Card

Ketika kita ingin membeli smartphone, kita mempertimbangkan banyak hal terkait spesifikasi smartphone tersebut. Salah satunya adalah ketersediaan fitur untuk menambah kapasitas memori internal. Kami masih merasa penasaran mengapa banyak merek terkenal, seperti Samsung, tidak membekali slot untuk microSD card pada beberapa smartphone unggulannya. Oleh karena itu, kita akan mencari tahu dan menemukan alasan mengapa banyak produsen smartphone yang tidak melengkapi slot microSD card pada smartphonenya.

Menyebabkan performa Smartphone Menjadi Buruk

MicroSD card merupakan komponen eksternal yang hadir dengan jenis yang berbeda-beda. Oleh karena itu, hal ini dapat menjadi penyebab smartphone Anda memiliki performa yang buruk atau terkadang melambat dan bahkan berhenti dengan seketika tanpa terduga.

Jika seseorang benar-benar menaruh perhatian pada performa smartphonenya, ia akan dengan cermat memilih microSD card berkualitas baik yang cocok dan sesuai dengan smartphone miliknya. Namun, tidak semua orang memperhatikan hal tersebut, mereka lebih memilih microSD card yang berharga murah, dan hal ini tentunya akan mengganggu performa smartphone.

Desain yang menarik

Kita dapat menemukan kesamaan pada semua smartphone tipis yang tampil menawan yaitu mereka tidak memiliki slot penambahan memori internal dengan microSD card. Hal tersebut dapat dengan mudah dipahami bahwa slot microSD card akan mempengaruhi tampilan smartphone menjadi kurang elegan dan menarik. Dengan demikian, banyak produsen ternama mencoba untuk mengurangi produk smartphone yang memiliki slot microSD card. Selain itu, mereka tetap meningkatkan kapasitas memori internal dan juga kualitas tampilan smartphone kepada para konsumen.

 

Boros Baterai

Seperti yang kita ketahui, smartphone memerlukan energi untuk menjalankan setiap aplikasi termasuk microSD card. MicroSD card membutuhkan arus listrik kurang lebih 0,2 mA bahkan ketika smartphone dalam keadaan siaga (stand by), namun kita tidak pernah menyadarinya. Untuk jangka panjang, microSD card dapat mempengaruhi daya tahan baterai smartphone secara signifikan. Oleh sebab itu, di saat orang semakin memikirkan daya tahan baterai, para produsen smartphone tidak ingin membuat microSD card menjadi penyebab pemborosan energi baterai.

 

Menghemat Biaya Produksi

 

Di pasar yang semakin kompetitif, para produsen berusaha untuk menawarkan smartphone dengan harga yang terjangkau kepada para konsumen. Dengan demikian, penghapusan slot microSD card akan mengurangi biaya produksi perusahaan. Untuk para konsumen yang membutuhkan kapasitas memori internal yang tidak terlalu besar, mereka dapat membeli smartphone dengan spesifikasi yang baik namun dengan harga yang murah dan kapasitas memori yang secukupnya tanpa slot microSD card.

 

Media Penyimpanan Cloud

Kita tidak hanya dapat menyimpan data di microSD card namun juga dapat menyimpannya di media penyimpanan Cloud. Fitur ini memiliki fungsi penyimpanan data yang sama dengan microSD card. Beberapa media penyimpanan Cloud bahkan ada yang dibuat oleh produsen smartphone itu sendiri. Jadi, hal ini dapat dijadikan sebagai bisnis karena para konsumen harus membayar iuran bulanan untuk menggunakan media penyimpanan Cloud tersebut.