4G vs 4G LTE: Perbedaannya??

4G adalah teknologi transfer data generasi keempat. Di dunia smartphone saat ini, kalian juga menemukan istilah konektivitas 4G LTE. Jadi, apa perbedaan antara 4G vs 4G LTE? Mari kita cari tahu.

4G vs 4G LTE

4G vs 4G LTE – Perbedaannya

Pertama, mari kita bahas konektivitas 4G. Pada bulan Maret 2008, ITU Radiocommunication sector (ITU-R) mengeluarkan regulasi konektivitas 4G beserta kecepatan standarnya. Pada perangkat telekomunikasi seperti smartphone dan tablet, kecepatan koneksi minimum yang dipersyaratkan adalah 100 Mbps (Megabyte per second). Untuk mobile hotspot, kecepatan minimum yang diperlukan adalah 1 Gigabyte per detik. Bila sebuah konektivitas memenuhi kecepatan tersebut, maka akan disebut 4G. Bila tidak, akan disebut 3G atau 2 G.

Kali ini, mari kita bahas 4G LTE. LTE adalah singkatan dari Long Term Evolution, yang dibuat untuk mendukung konektivitas 4G. Terkadang smartphone kalian tidak mencapai kecepatan 4G meskipun ada symbol 4G pada layarnya. Hal itulah mengapa LTE diperlukan. Teknologi ini diperlukan untuk meningkatkan kecepatan hingga kecepatan standar 4G. Hal ini berarti 4G LTE bukan generasi berikutnya dari konektivitas 4G.

4G vs 4G LTE

Lalu, apa perbedaan antara 4G vs 4G LTE? Ternyata, kecepatan keduanya sama. Perbedaannya adalah pada aspek stabilitas. Teknologi LTE membuat jaringan 4G lebih stabil. Namun, 4G LTE memerlukan lebih banyak fitur pendukung daripada jaringan 4G.

4G vs 4G LTE – kesimpulan

Demikianlah perbedaan antara 4G vs 4G LTE. Dengan teknologi LTE, konektivitas 4G pada smartphone kalian menjadi lebih stabil. Namun, kalian harus menyadari bahwa terkadang smartphone kalian tidak mencapai kecepatan standar 4G.