4 Alasan Koneksi Wi-Fi Lambat Dan Cara Mengatasinya

Pertama, mari kita perhatikan cara kerja Wi-Fi dan apa yang dapat mempengaruhi kecepatannya. Data dikirimkan melalui radio nirkable dengan frekuensi 2,4 GHz sampai 5 GHz. Perlu diketahui bahwa frekuensi Wi-Fi lebih tinggi dari frekuensi smartphone. Di antara frekuensi 2,4 GHz – 5 GHz, terdapat banyak channel yang menentukan kecepatan internet yang diterima oleh smartphone.

Wifi connection

1 Router – Penyalur sinyal Wi-Fi

Router adalah perangkat yang menyalurkan frekuensi Wi-Fi ke smartphone atau berbagai perangkat elektronik lainnya. Banyak orang masih belum memahami pentingnya membeli router berkualitas dan peletakannya di dalam rumah. Router berkualitas akan lebih konstan dan menyalurkan frekuensi yang stabil. Hal ini tentu mempengaruhi kecepatan internet yang kalian nikmati.

Posisi router juga menentukan frekuensi Wi-Fi yang ditangkap oleh smartphone. Posisi di tempat yang lebih tinggi membuat sinyal Wi-Fi tersebar lebih luas. Pastikan tidak ada yang menghalangi sinyal Wi-Fi di sekeliling router. Meletakkan router di lantai atau di belakang objek padat membuat sinyal Wi-Fi yang disalurkan menjadi buruk. Karena router memancarkan sinyal Wi-Fi ke segala arah (360 derajat), sebaiknya letakkan router di tengah rumah, bukan di salah satu pojok rumah.

Wifi connection

2 Frekuensi lainnya

Di dunia teknologi saat ini, banyak perangkat yang menghasilkan atau bekerja pada gelombang frekuensi tertentu. Bluetooth dan microwave adalah contohnya. Bluetooth juga menggunakan frekuensi 2,4 GHz, gelombang frekuensi yang sama dengan Wi-Fi. Hal ini tentu menyebabkan bentrokan antarkedua frekuensi tersebut dan mempengaruhi kecepatan sinyal Wi-Fi. Hal yang sama juga terjadi ketika menggunakan microwave dengan pelindung gelombang yang kurang baik. Untuk mengatasinya, matikan salah satu perangkat tersebut bila tidak digunakan.

Wifi connection

3 Lampu LED

Terlihat indah dan menawan, lampu LED (seperti pada pohon natal) ternyata juga dapat menghambat koneksi Wi-Fi. Ketika menyala, lampu tersebut menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat mengganggu frekuensi Wi-Fi. Bila kalian ingin memasang lampu LED, pikirkan tempat yang tepat untuk meletakkan router agar tetap menyalurkan frekuensi Wi-Fi yang optimal.

Wifi connection

4 Area tempat tinggal – Musuh tersembunyi untuk koneksi Wi-Fi

Tentunya bila tetangga kalian mengetahui kata sandi dari router Wi-Fi kalian, mereka dapat mengaksesnya dan hal ini tentu mengurangi kecepatan internet. Namun, ini bukan hal yang akan kami bahas. Sebenarnya, setiap rumah memiliki router Wi-Fi. Hal ini berpotensi untuk menyebabkan tumpang tindih frekuensi dan berpotensi mengurangi kecepatan internet ketika dua router atau lebih bekerja secara bersamaan. Hal ini lebih sering terjadi bila kalian tinggal di area di mana berbagai router saling berdekatan. Namun, bila kalian memiliki router berkualitas dan meletakkannya di tempat yang ideal, kalian paling tidak sudah mengurangi dampak dari masalah di atas.

Wifi connection

Beberapa faktor di atas mungkin mengejutkan untuk sebagian di antara kita. Singkatnya, membeli router berkualitas dan meletakkannya di tempat yang benar di dalam rumah kalian akan membantu mengatasi hal-hal di atas. Mengenali sekeliling rumah dan berbagai perangkat elektronik lainnya juga mampu mengatasi hal tersebut.