4 Alasan Kamera 23 MP untuk Smartphone Tidak Populer pada 2016

Kamera 23 MP sempat meramaikan pasar smartphone selama beberapa waktu. Namun, tampaknya kamera tersebut tidak menjadi pilihan utama saat ini dibandingkan kamera dengan resolusi yang lebih rendah. Kami memiliki 4 alasan mengapa tahun 2016 bukan tahunnya smartphone dengan kamera 23 MP.

23MP camera phone (2)

Kamera 23 MP – Pilihan terbaik untuk fotografi?

Pada tahun lalu, Sony Xperia Z5 dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera terbaik di dunia berkat kamera utama 23 MP yang dimilikinya. Namun, pada semester pertama tahun ini, gelar tersebut direbut oleh Samsung Galaxy S7 Edge dengan kamera utama 12 MP. Hal ini membuktikan kamera yang baik tidak harus memiliki resolusi yang tinggi. Contoh lainnya adalah Apple iPhone 6s yang Kamera utamanya hanya beresolusi 12 MP. Namun demikian, iPhone selalu dikenal sebagai smartphone dengan kamera mutakhir yang mampu menghasilkan foto-foto menawan.

Kedua, dengan harga kamera DSLR yang semakin murah, kamera tersebut akan tetap menjadi pilihan untuk mereka yang ingin memotret foto beresolusi tinggi. Kalian mungkin berkata bahwa harga kamera DSLR cukup mahal, namun harga smartphone dengan kamera 23 MP juga tidak murah. Dengan demikian, orang-orang akan tetap lebih memilih kamera DSLR karena merupakan salah satu kamera terbaik di dunia.

23MP camera phone

Berikutnya, memotret foto dengan resolusi yang sangat tinggi tidak terlalu diperlukan. Dengan tren media sosial yang sedang berkembang saat ini, banyak orang lebih suka memotret foto dengan resolusi yang lebih kecil karena foto tersebut akan lebih mudah dan cepat diunggah. Di sisi lain, diperlukan waktu yang lebih lama serta biaya yang lebih besar untuk mengunggah foto beresolusi tinggi. Foto beresolusi tinggi juga memakan kapasitas memori internal yang lebih besar pula.

Kualitas lensa lebih penting daripada resolusi?

Mari kita kembali melihat contoh iPhone dan Samsung di atas. Tidak ada di antara keduanya yang hadir dengan kamera lebih dari 20 MP. Smartphone terbaru HTC 10 juga hadir dengan kamera 12 MP. Yang menjadi faktor utama yang menentukan kualitas foto yang dihasilkan adalah kualitas lensa selain resolusinya. Hal inilah yang menjadi keunggulan kamera Samsung dan iPhone.